Pengembangan Asesmen Autentik dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik untuk Mengukur Dimensi Bernalar Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Reni Ekawati Sulistyo Universitas PGRI Semarang
  • Sumarno Magister Pendidikan Dasar Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Magister Pendidikan Dasar Universitas PGRI Semarang
Keywords: asesmen autentik, valid, praktis, efektif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kevalidan ; 2) menganalisis kepraktisan ; 3) menguji keefektifan asesmen autentik dengan pendekatan Saintifik pada pembelajaran tematik untuk mengukur dimensi bernalar kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall, yang terdiri dari (1) tahap potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) uji coba pemakaian.Data penelitian adalah sebagai berikut: 1) uji validitas diperoleh rata-rata 0,849 dengan kriteria sangat baik; 2) uji kepraktisan  diperoleh skor persentase sebesar 73,42 dengan kategori sangat baik; 3) uji keefektivan diperoleh dari validitas butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan sensitivitas butir soal. Uji validitas butir soal pada aspek sikap menunjukkan bahwa rubrik penilaian sikap, soal pengetahuan, dan rubrik penilaian keterampilan diperoleh rhitung>rtabel sehingga dinyatakan valid dan nilai alpha >0,60 sehingga dinyatakan reliabel. Tingkat kesukaran pada kriteria sedang, daya pembeda soal pada kategori cukup dan baik, dan sensitivitas butir soal berniai positif.Simpulan penelitian ini adalah bahwa asesmen autentik dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Depdiknas. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas

Hariyanto, Basuki, I.2014. Assesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purnomo, Yoppy. (2014). Assessment-Based Learning: Sebuah Tinjauan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis. Sigma Journal. VI. 22-33.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana

Published
2023-06-26
How to Cite
Reni Ekawati Sulistyo, Sumarno, & Purnamasari, I. (2023). Pengembangan Asesmen Autentik dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik untuk Mengukur Dimensi Bernalar Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Cendekiawan, 5(1), 62-70. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v5i1.316
Section
Articles