Pengembangan Asesmen Autentik dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik untuk Mengukur Dimensi Bernalar Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kevalidan ; 2) menganalisis kepraktisan ; 3) menguji keefektifan asesmen autentik dengan pendekatan Saintifik pada pembelajaran tematik untuk mengukur dimensi bernalar kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall, yang terdiri dari (1) tahap potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) uji coba pemakaian.Data penelitian adalah sebagai berikut: 1) uji validitas diperoleh rata-rata 0,849 dengan kriteria sangat baik; 2) uji kepraktisan diperoleh skor persentase sebesar 73,42 dengan kategori sangat baik; 3) uji keefektivan diperoleh dari validitas butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan sensitivitas butir soal. Uji validitas butir soal pada aspek sikap menunjukkan bahwa rubrik penilaian sikap, soal pengetahuan, dan rubrik penilaian keterampilan diperoleh rhitung>rtabel sehingga dinyatakan valid dan nilai alpha >0,60 sehingga dinyatakan reliabel. Tingkat kesukaran pada kriteria sedang, daya pembeda soal pada kategori cukup dan baik, dan sensitivitas butir soal berniai positif.Simpulan penelitian ini adalah bahwa asesmen autentik dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Depdiknas. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas
Handayani, F. (2020). Building Students ’ Critical Thinking Skills through STEM-Based Digital Literacy during the Pandemic Period Covid 19. Cendekiawan, 2(2), 69–74. https://doi.org/https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184
Harfiani, Ri., & Setiawan, H. R. (2019). A Modification of Daily Learning Flow in Inclusive Education Programs. Cendekiawan, 1(2), 10–15. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.160
Hariyanto, Basuki, I.2014. Assesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muryaningsih, S. (2020). A Increased Curiosity Attitudes and Mathematics Learning Achievement Through the Realistic Mathematics Learning Model (PMR) in Elementary Schools. Cendekiawan, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.166
Novy Yudiastika, Romadon, A. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Musik untuk Siswa Kelas IV pada Materi IPS Subtema Keberagaman Suku. Cendekiawan, 4(2), 127–140. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.275
Panginan, V. R., & Susianti. (2022). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4590
Pitriyana, S., & Arafatun, S. K. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas VI. Cendekiawan, 4(2), 141–153. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.303
Prastyo, E., & Nuswantari, S. (2020). Learning Thematic Covid-19 With SETS Vision Integrated Local Wisdom For Elementary School. Cendekiawan, 2(1), 20–27. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.173
Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purnomo, Yoppy. (2014). Assessment-Based Learning: Sebuah Tinjauan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis. Sigma Journal. VI. 22-33.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana
Copyright (c) 2023 Reni Ekawati Sulistyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Cendekiawan atau staff redaksinya. Penulis Utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.