Pengembangan Asesmen Autentik dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik untuk Mengukur Dimensi Bernalar Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Reni Ekawati Sulistyo Universitas PGRI Semarang
  • Sumarno Magister Pendidikan Dasar Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Magister Pendidikan Dasar Universitas PGRI Semarang
Keywords: asesmen autentik, valid, praktis, efektif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kevalidan ; 2) menganalisis kepraktisan ; 3) menguji keefektifan asesmen autentik dengan pendekatan Saintifik pada pembelajaran tematik untuk mengukur dimensi bernalar kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall, yang terdiri dari (1) tahap potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) uji coba pemakaian.Data penelitian adalah sebagai berikut: 1) uji validitas diperoleh rata-rata 0,849 dengan kriteria sangat baik; 2) uji kepraktisan  diperoleh skor persentase sebesar 73,42 dengan kategori sangat baik; 3) uji keefektivan diperoleh dari validitas butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan sensitivitas butir soal. Uji validitas butir soal pada aspek sikap menunjukkan bahwa rubrik penilaian sikap, soal pengetahuan, dan rubrik penilaian keterampilan diperoleh rhitung>rtabel sehingga dinyatakan valid dan nilai alpha >0,60 sehingga dinyatakan reliabel. Tingkat kesukaran pada kriteria sedang, daya pembeda soal pada kategori cukup dan baik, dan sensitivitas butir soal berniai positif.Simpulan penelitian ini adalah bahwa asesmen autentik dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Depdiknas. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas

Handayani, F. (2020). Building Students ’ Critical Thinking Skills through STEM-Based Digital Literacy during the Pandemic Period Covid 19. Cendekiawan, 2(2), 69–74. https://doi.org/https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184

Harfiani, Ri., & Setiawan, H. R. (2019). A Modification of Daily Learning Flow in Inclusive Education Programs. Cendekiawan, 1(2), 10–15. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.160

Hariyanto, Basuki, I.2014. Assesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muryaningsih, S. (2020). A Increased Curiosity Attitudes and Mathematics Learning Achievement Through the Realistic Mathematics Learning Model (PMR) in Elementary Schools. Cendekiawan, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.166

Novy Yudiastika, Romadon, A. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Musik untuk Siswa Kelas IV pada Materi IPS Subtema Keberagaman Suku. Cendekiawan, 4(2), 127–140. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.275

Panginan, V. R., & Susianti. (2022). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4590

Pitriyana, S., & Arafatun, S. K. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas VI. Cendekiawan, 4(2), 141–153. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.303

Prastyo, E., & Nuswantari, S. (2020). Learning Thematic Covid-19 With SETS Vision Integrated Local Wisdom For Elementary School. Cendekiawan, 2(1), 20–27. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.173

Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purnomo, Yoppy. (2014). Assessment-Based Learning: Sebuah Tinjauan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis. Sigma Journal. VI. 22-33.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana

Published
2023-06-26
How to Cite
Reni Ekawati Sulistyo, Sumarno, & Purnamasari, I. (2023). Pengembangan Asesmen Autentik dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Tematik untuk Mengukur Dimensi Bernalar Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Cendekiawan, 5(1), 62-70. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v5i1.316
Section
Articles