Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis STEM Pada Tema Peduli Lingkungan Kelas IV Sekolah Dasar

  • Feni Kurnia Kurnia
  • Yuanita Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
Keywords: Media Pembelajaran Audio Visual, STEM, Peduli Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada pembelajaran IPA Tema Peduli Lingkungan di sekolah dasar yang digunakan di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan desain pengembangan 4D yang terdiri atas Define, Design, Develop dan Disseminate. Pada tahap Define, dilakukan tahap pengembangan awal yang meliputi analisis kurikulum dan analisis media pembelajaran. Tahapan kedua adalah design, yang meliputi perancangan spesifikasi desain media pembelajaran audio visual yang akan dikembangkan, tahap ketiga yaitu develop meliputi tahapan validasi media pembelajaran yang meliputi validasi konstruk dengan hasil persentase rata-rata 95,83% pada validator pertama, 87,50% pada validator kedua, kemudian validasi media menghasilkan persentase rata-rata 86,11%, validator bahasa menghasilkan 95,00%. Hasil uji coba lapangan skala terbatas mdan skala luas masing-masing menghasilkan nilai rata-rata 93,15% dan 90,61%. Sedangkan nilai angket respon guru sebagai pengguna menghasilkan rata-rata 100%. Tahap terakhir adalah Disseminate yang dilaksanakan dengan penyebarluasan media pembelajaran kepada sekolah-sekolah dasar yang ada di Provinsi Bangka Belitung, dan juga melalui platform youtube. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran tema peduli lingkungan di kelas IV sekolah dasar.

References

Ayob, A., Ibrahim, M. N., Tok, O. E., & Adnan, M. 2017. Modul Latihan Pendidikan: Pil Cerdas STEM untuk Prasekolah, Tadika, dan Taska (pertama; N. A. M. M. Nordin, Ed.). Setapak: Al-Ameen Serve Holdings Sdn. Bhd.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.

Published
2023-12-14
How to Cite
Kurnia, F. K., & Yuanita. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis STEM Pada Tema Peduli Lingkungan Kelas IV Sekolah Dasar. Cendekiawan, 5(2), 115-126. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v5i2.300
Section
Articles