Analisis Media Visual Berbasis Kata Kunci pada Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media visual berbasis kata kunci pada menulis puisi siswa kelas IV SDN Candiharjo, Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen. Metode yang digunakan ialah pre-experimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN Candiharjo yang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pretest dan posttest pada keterampilan menulis puisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara media visual berbasis kata kunci pada keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Candiharjo. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis dengan koefisien 0,05 artinya 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dan hasil uji eta square menunjukkan bahwa tingkat pengaruh media visual berbasis kata kunci sebesar 0,867. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil kriteria interpretasi media visual berbasis kata kunci berpengaruh besar terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Candiharjo, Mojokerto.
References
Azmussya’ni dan M. N. Wangid. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses Dengan Media Gambar Di SDN 3 Sakra. Jurnal Prima Edukasia. Vol. 2, No. 1
Apriyani, Ingga. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Gambar Di Kelas III Sekolah Dasar. Artikel Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjungpura
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Awaliyah, Nisa. (2021). Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Tema 7 Subtema 2 di Indonesia. Jurnal Cendekiawan. Vol. 3, No. 2
Dadang. (2020). Analysis of the Application of Paragraph Exchange Technique in Writing Student Essays (Case Study in SD Negeri 4 Cipedes). Cendekiawan, 2(1), 28–40. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.175
Khairul Aqmar, Sitti Aida Azis, E. A. (2022). Pengaruh Model Dialogic Reading Berbantuan Media Gambar terhadap Penguasaan Kosakata dan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Segugus 6 Center Kecamatan Polongbangkeng Kabupaten Takalar. Cendekiawan, 4(2), 95–102. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.263
Rachama Putri Dinanti, Feri Ardiansah, R. (2020). Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Language Learning for Class V Elementary School Students. Cendekiawan, 2(2), 64–68. https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/Cendekiawan
Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Sangat Penting Dalam Tujuan Pembelajaran. Jogjakarta: Gavamedia
Dewi, Sinta Maria. (2017). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Jurnal Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 1
Fahrizah, Mega. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V Di SDIT Az-Zahra Pondok Petir Sawangan Depok Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Ganing, Ni Nyoman, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Indonesia. Jurnal of Education Technology. Vol. 3, No.4
Widjono. (2007). Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Gramedia
Indihadi, Dian. (2018). Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5, No. 1
Maulidah, Tsalitsatul. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Gambar. Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan. Vol. 2, No. 1
Puspasari, Aulia Herdiana. (2015). Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Pemberian Tugas/Resitasi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Siddik, Mohammad. (2016). Dasar-Dasar Menulis Dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing
Siswadi, Irman. (2013). Mengenal Konsep Penetapan Kata Kunci. Jurnal Pustakawan Indonesia. Vol. 12, No. 2
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tika, Dede. (2021). Pengaruh Media Toker (Torso Kertas) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Cendekiawan. Vol. 2, No.2
Trismanto. (2017). Keterampilan Menulis dan Permasalahannya. Jurnal Bangun Rekaprima. Vol. 3, No. 9
Yunita, dkk. (2020). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 4, No. 3
Copyright (c) 2023 Ermawati Zulikhatin Nuroh, Ucik Nurul Hidayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Cendekiawan atau staff redaksinya. Penulis Utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.