Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Berbasis Respon Perilaku untuk Mengukur Keterampilan Membaca Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri Pongtiku II Makassar

  • Nur Aminah Radjab Aminah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Erwin Akib Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Tarman A. Arief Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
Keywords: Instrumen Penilaian, Respon Perilaku, Keterampilan Membaca.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan realibilitas  instrumen penilaian berbasis respon perilaku untuk mengukur keterampilan membaca siswa kelas tinggi di SDN Pongtiku II Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui observasi dan data kuantitatif melalui pengisian angket.  Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil analisa kelayakan “Instrumen penilaian berbasis respon  perilaku untuk mengukur keterampilan membaca siswa kelas tinggi” ini   dinyatakan layak untuk digunakan, dengan perolehan validasi ahli sebesar 95%  untuk aspek kelayakan isi, 95% untuk aspek kelayakan penyajian,  95% untuk aspek kelayakan kebahasaan dan 95% untuk aspek penilaian kontekstual, dengan kategori secara keseluruhan Sangat Layak; dan (3) Berdasarkan hasil analisa keefektifan “Instrumen penilaian berbasis respon  perilaku untuk mengukur keterampilan membaca siswa kelas tinggi” ini dinyatakan cukup efektif yang dilakukan pada 92 siswa meski terdapat beberapa siswa  yang mengajukan pertanyaan terkait butir item tertentu, namun dapat dituntaskan.

References

Akib, Erwin and Ghafar, Mohamed Najib Abdul,. (2015). The Validity and Reliability of Assesment for Learning (AFL), Education Journal, Vol. 4, No. 2, pp. 64-68, DOI: 10.11648/j.edu.20150402.13.

Akib, E., dan Muhsin M.A. (2019). Assesment of Teaching in 21st Century, IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1179 (2019) 012065 IOP Publishing doi:10.1088/1742-6596/1179/1/012065

Arikunto, Suharsimi., (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatirul,Achmad Nur, dan Walujo,Djoko Adi, (2021). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran. Banten: Pascal Books.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ilham, Mubarak., Amin, Bahrun., dan Arief, Tarman Andi., (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres Paccinongan Kabupaten Gowa, Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.

Komalasari, Kokom., (2013). Pembelajaran Kontekstual, PT Rafika Adiatama: Bandung.

Majid, Abdul. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahim, Farida.(2008). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Bumi Aksara: Jakarta.

Rifani, Marla Erika (2013) Model Alat Evaluasi Keterampilan Membaca Pada Buku Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia Kelas X: Penelitian Research and Development Di SMA Negeri 3 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Rosdhiana dan Aziz, Ari. (2016) Evaluasi Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar Negeri 2 Jangkrikan Wonosobo Menggunakan Model Evaluasi CIPP. S1 Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Saputro, Budiyono, (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (R&D) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Skinner, B. F. (2013). Ilmu pengetahuan dan perilaku manusia. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar.

Somadaya, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung

Published
2023-06-26
How to Cite
Aminah, N. A. R., Akib, E., & Arief, T. A. (2023). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Berbasis Respon Perilaku untuk Mengukur Keterampilan Membaca Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri Pongtiku II Makassar. Cendekiawan, 5(1), 39-44. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v5i1.282
Section
Articles