Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Kinemaster Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media animasi Kinemaster terhadap minat dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri Daya 1 Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Daya 1 dan merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik sampling menggunakan purpose sampling. Sampel dan penelitian ini adalah kelas VIA yang berjumlah 27 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIB yang berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Jenis pengumpulan data menggunakan angket minat untuk mengukur minat belajar dan soal pre-test dan post- test untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Anova, yang sebelumnya diuji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil Uji Independent Sample Test minat dan posttest hasil belajar diperoleh nilai signifikansi (sig) yaitu 0,000 < 0,05 ( lebih kecil dari 0,05) dengan level kepercayaan 95% maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berbantuan media animasi Kinemaster berpengaruh signifikan terhadap minat dan hasil belajar IPS di kelas VI SD Negeri Daya 1 Kota Makassar
References
Aloraini, S. (2012). The impact of using multimedia on students’ academic achievement in the College of Education at King Saud University. Journal of King Saud University - Languages and Translation, 24 (2) 75-82
Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Ilmu.
Budiwibowo, S. (2016). Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar IPS Di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60-68. doi: http://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.66
Daryanto, Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, S. B. & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Eva, R. P. V. B., Sumantri, M. S., & Winarsih, M. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Komik Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134-143.
Khaira, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (39-44). FBS Unimed Press.
Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence. International electronic journal of mathematics education, 14(1), 243-252.
Huda, N., Marzal, J., Frianto, A., Romundza, F., & Fitroh, W. (2021). Pembuatan Video Pembelajaran Animasi Mengunakan Animaker Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Teknologi Pada Guru SMP. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1)
Lela dan Nur Apri. (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Materi Teks Resensi Melalui Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas XI MAN 1 Trenggalek Tahun Pelajaran 2019/2020. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/16276/.(Diakses tgl 27/05/2021)
Lestari, N. K. A. S., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning Pada Muatan Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1).
Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5).
Octavianty, R., Astuti, A., Hikma, R. S., Iwan, M., Muzawwir, M. D., & Said, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Aplikasi KineMaster guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 26 Watang Palakka. Journal Lepa-Lepa Open, 1(2), 280-286.
Pangesti, W., & Radia, E. H. (2021). Meta analisis pegaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 281-286.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmayani, A dkk (2019), Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil belajar pada siswa kelas IV SD Gemah Semarang, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 3, Number 2, Tahun 2019. (Diakses tgl 27/04/2021)
Sari, F. K., Rakimahwati, R., & Fitria, Y. (2019). Hubungan minat dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VI SDN 25 Jati Tanah Tinggi. Jurnal Basicedu, 3(2), 397-405. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.18
Sari, R. A., Juarsa, O., & Lukman, L. (2014). Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar IPS di SD Gugus 1 Kabupaten Kepahiang (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).
Setiawan, B., Sakdiyah, S. H., & Rahayunita, C. I. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Usaha dan Kegiatan Ekonomi Kelas V SDN Karanganom 02 Lumajang. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1) 115-122.
Sudiarta, I. G. P. & Sadra I. P. (2016). Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49 (2): 48-58
Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1).
Susanto, Ahmad. (2012). PerkembanganAanak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susanto, Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Copyright (c) 2023 Mirna, Nursalam, Muhammad Nawir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Cendekiawan atau staff redaksinya. Penulis Utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.