Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Windunegara, Kabupaten Banyumas

  • Greffi Hoziyana Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sri Muryaningsih Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaaran Kooperatif Tipe STAD, PTK.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dikelas V SDN 1 Windunegara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SDN 1 Windunegara dengan jumlah peserta didik 22 yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada aspek afektif siklus I memperoleh presentase siklus yaitu 53,26% dengan kriteria kurang. Pada siklus II memperoleh presentase siklus yaitu 83,35% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif pada siklus I memperoleh presentase ketuntasan 79,47% dengan kriteria baik. Pada siklus II memperoleh presentase ketuntasan 82,50% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada aspek psikomotor pada siklus I memperoleh presentase ketuntasan 78,75% dengan kriteria baik. Pada siklus II memperoleh presentase ketuntasan 96,25% dengan kriteria sangat baik. Hasil tersebut menunjukan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SDN 1 Windunegara.

References

Anisensia, T., Bito, G. S., Wali, M. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDI Blidit Kabupaten Sikka. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 1, (1), 61-69.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., Suhardjono, Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, D. P., Muslim, A., Bramasta, D. 2020. Analisis Persiapan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan. 7, (2), 185-192.

Chityadewi, K. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatab CTL (Contextual Teaching and Learning). Journal of Education Technology. Vol.3.

Gunardi, A., Haranti, F, D. 2021. Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 pada Mata Pelajaran Matematika Operasi Hitung perkalian di SD Negeri Cipocok jaya 1. ISSN Online. 2, (1), 101-110.

Hamzah, dkk. 2014. Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT Ina Publikatama.

Hartati, S. 2019. Metode Diskusi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Rokan IV Koto. Indonesian Journal of Basic Education. 2, (1), 58-62.

Hasniwati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial, Sains, dan Humaniora. Vol. 4, No.2.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hudah, N. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Diskusi Pada Siswa kelas VI SD Negeri 24 Indralaya. Jurnal Binadarma. 12, (2), 42-51.

Juniati, E. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 7, 283-292.

Lastia, N. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI). 1, (3).

Marzi, M. A., Widayati. 2019. Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Fundamental Pendidikan Dasar. 2, (3), 140-145.

Noer, S. H. 2017. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Matematika.

Nuirah. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SD Negeri 004 Teluk Bijai. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran). PGSD FKIP Riau. 1, (1).

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prananda, G., Hadiyanto. 2019. The Effect of Cooperative Learning Models of STAD type on Class V Science Learning SD. Internatinal Journal of Education Dynamics. 1, (2), 47-53.

Priansa, D. J. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Purnomosidi, Wiyanto. Safiroh dkk. 2018. Senang Belajar Matematika Kelas V. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Bandung.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, B. B. A, Muslim, A., Bintaro, T. Y. 2019. Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V di sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Education FKIP UNMA. 5, (2), 68-74.

Rahayu, E. S., Supriyono. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan Hasil Belajar Kelas 1 SDN Ujung X Surabaya. JPGSD. 2, (2), 5.

Rosmala, I. A. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Sa’adiah, H. dkk. 2021. Student Team Achievement Divisions Team (STAD) and Jigsaw Learning in Term of Numerical Abilities: The Effect on Students’ Mathematics Learning Outcomes. Journal. Mathematics. 4, (3), 247-260.

Slavin, R. E. 2005. Cooperatve Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. 2019. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsu, F. N., Rahmawati, I., Suyitno. 2019. Kefektifan Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education. 3, (3). 344-350.

Waruwu, A.2021. Meningkatkan Hasil Belaar Matematika Melalui Penerapan Metode Diskusi Kelompok. Didaktik. 15, (1), 2501-2506.

Published
2023-06-26
How to Cite
Hoziyana, G., & Muryaningsih, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas V SD Negeri 1 Windunegara, Kabupaten Banyumas. Cendekiawan, 5(1), 8-21. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v5i1.271
Section
Articles