Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Berpikir Kritis dan Motivasi Intrinsik Siswa pada Pembelajaran IPS SD Negeri Samata

  • Nur ilmiani Ilmi UNiversitas Muhammadiyah Makassar
  • Nursalam Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Sarifuddin Cn Sida Pendidikan Dasar, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah, Berpikir kritis dan Motivasi Intrinsik

Abstract

Motivasi adalah salah satu faktor utama didalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan pemikiran reflektif dan masuk akal yang berfokus pada pengambilan keputusan tentang apa yang dilakukan atau apa yang diyakini.Kendala yang ditemukan dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya motivasi siswa dalam menerima pelajaran dan hal itu yang membuat kurangnya kemampuan siswa untuk berpikir kritis berpikir kritis. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk memahami pentingnya penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan berpikir kritis dan motivasi intrinsik siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi eksperimental desain. Adapun desainya menggunakan nonequivalent control Grup design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Samata Kabupaten Gowa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dan model konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Samata yang berjumlah dua kelas. Sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas VA berjumlah 30 orang dan kelas VB berjumlah 29 orang. Motode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes Kemampuan berpikir kritis ,angket dan observasi. . Dari hasil perhitungan berpikir kritis akhir siswa dengan menggunakan uji independent sample t-test menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan berpikir kritis siswa pada kelas V ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada kelas esperimen berpikir kritis akhir siswa mencapai 88,00 dan pada kelas kontrol nilai rata-rata berpikir kritis akhir siswa mencapai 67,00. Maka dapat disimpulkan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah.

References

A.M, Sardiman. (2014). “ Interaksi dan Motivasi..Belajar- Mengajarâ€. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Agustina, I Kd, Putra. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Prestasi belajar PKn ditinjau dari sikap Demokrasi siswa kelas V Gugus I Kecamatan Abang. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 5 (1).

Ananda, R.,& Rafida, T. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan. In Perdana Publishing (Vol.53, Issue 9).

Bangun, M., Kelas, D., & Sdn, I. V. (2020). Pengaruh teori van hiele terhadap prestasi belajar materi bangun datar kelas iv sdn cijoho. Cendikiawan, 2(2) , 8-14.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No.22 Tahun 2006. Tentang standar isi. Jakarta: Depdiknas

E. Mulyasa. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ekaputra, F. (2020). Efektivitas Laboratorium Virtual Kimia Berbasis Hypertext Markup Language 5 untuk meningkatkan sikap ilmia dan prestasi belajar. Tabany : Jurnal pendidikan Islam, 7(1), 6-16. https:/ / doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.201

Eviani, Utami, S.,& Sabri,T. (2014). Pengaruh..Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap..Kemampuan literasi Sains IPA Kelas V SD. Jurnal: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, Vol. 3(7, hlm. 1-13)

Fuadi, Totok Sumaryanto, W. L. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotor Pembelajaran Ipa Materi Tumbuhan Hijau Kelas V Berbasis Kompetensi Pendekatan Sea Berwawasan Konservasi. Jurnal of Educational and Evaluation, 6 (1), 10-18

Hamzah.B. Uno. (2013). jjTeorijjMotivasijjdanjjPengukurannya. jjJakarta: BumijjAksara.

Hartati, S. (2019). A Efforts to Inprove Student Learning Outcomes of Class IV of SD Negeri Seworan Inter-Line Relatons Material Through Realistic Mathematics Education (RME) Approach with Concrete Media. Cendikiawan, 1 (2), 28-42. http:/ /doi.org/10.35438/cendikiawan.v1i2.164

Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEm untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Pada materi gelombang bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian pendidikan fisika. https://doi.org/10.17509/2h.v10i2.10869

Kurniawan, M.W., & Wuryundani. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PPKN. Jurnal Civics. 14(1). 10-22.

Lestariningsih, W., & Muafa, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning Dan Small group Discussion Terhadap Nilai Mahasiswa Materi Mekatronik. Teknika: Engineering and sains journal , 2(1), 67-72

Moslem, M., Komaro, M., & Yayat. (2019). Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran aircraft drawing di SMK. Journal of mechanical engineering education, Vol.4, No. 2, 258-265

Muriyanto, M. (2019). The Constraints in Techning Islamic Education in Class. Cendikiawan, 1(2), 16-27. https://doi.org/10.35438/cendikiawan.v1i2.159

Puspasari. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Problem Posing Ditinjau dari Motivasi Belajar.Matematika. Artikel Publikasi Ilmiah Pedidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rifqiawati, I., Ratnasari, D., Wahyuni, I., & Sari, I.J. (2020). Penerapan Biomagazine sebagai bahan ajar Biologi Terhadap Literasi membaca dan Motivasi Belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Pandeglang.Biodidaktika. 15 (1),89-93.

S. Mulyani, Kartono, J. Daryanto & Rukayah. (2015). “ Peningkatan Keterampilan menulis Laporan Pengamatan Melalui Model Problem Based Learning (PBL)â€. Jurnal Didaktia Dwija Indria, Vol.3 (7)

Santrock, J. W. (2011). Psikologi Pendidikann. Educational Psychology . Jakarta : Salemba Humaika., Ed. Ke-3

Sugiyono. (2016). Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabet

Suryabrata, Sumandi, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persad, 2010.

Trisnawati, D (2013). Implementasi Pembelajaran berbasis Budaya pada kelas IV di SD Negeri Godean 2 Sleman Yogyakarta. In Journal of chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9)

Utomo, T., Wahyudi, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pembelajaran Berbasis Masalah) terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumber Malang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi (UNEJ), I(1), 5-9.

Yuliasari, A. dan Indriarsa, N. (2013). Peran Dominan Motivasi Ekstrinsik dan Motivasi Intrinsik siswa Putri dalam mengikuti kegiatan Ekstrakulikuler Futsal studi pada SMA Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal pendidikan olahraga dan Kesehatan.

Published
2022-12-13
How to Cite
Ilmi, N. ilmiani, Nursalam, & Cn Sida, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Berpikir Kritis dan Motivasi Intrinsik Siswa pada Pembelajaran IPS SD Negeri Samata . Cendekiawan, 4(2), 117-127. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.268
Section
Articles