PENGARUH MEDIA DAKOTA DAN KEAKTIFAN TERHADAP PRESTASI SISWA MATERI FPB DAN KPK
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hambatan yang dialami peserta didik dalam pembelajaran matematika, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan. Namun kenyataannya, saat ini masih banyak guru yang tidak menggunakan media pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika. Hal ini menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media dakota terhadap prestasi siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru khususnya materi FPB dan KPK adalah media dakota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif eksperimen. Populasi dan sampel yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Pasanggrahan Tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik sampling jenuh yang artinya semua populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes dan kuesioner/angket. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu prestasi belajar matematika yang diperoleh melalui pre-test dan post-test. Data tersebut diolah menggunakan uji Independent Sample Test (Uji-t). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu 0,023 < 0,05 yang menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa dapat mempengaruhi peranan media pembelajaran dakota terhadap prestasi belajar siswa.
References
-, W., & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia. https://doi.org/10.22146/jfi.24410
Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics).
arsyad azhar. (2013). Raja Grafindo Persada jakarta. Media Pembelajaran Edisi Revisi.
Disnawati, H., & Haning, F. O. (2019). Workshop Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sampah dan Barang Bekas Bagi Guru MIN TTU. Bakti Cendana. https://doi.org/10.32938/bc.v2i2.280
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Mutiara, I. (2018). PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN ETIKA AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI. JURNAL RISET AKUNTANSI JAMBI. https://doi.org/10.35141/jraj.v1i2.60
Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (JIPT).
Nugrahanta, G., Rismiati, C., Anugraha, A., & Kurniastuti, I. (2016). Pengembangan Alat Peraga Matematika Berbasis Metode Montessori Papan Dakon Operasi Bilangan Bulat Untuk Siswa Sd. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD).
Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2020). Pengembangan Multimedia Moodle pada Pembelajaran Tematik Integratif berbasis Web Bagi Siswa Kelas IV SD. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.177
Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SD. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.41
Pratiwi, N. K. (2017). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PERHATIAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMK KESEHATAN DI KOTA TANGERANG. Pujangga.
Copyright (c) 2020 Fitri Rahmawati, Rahmat Permana, Meiliana Nurfitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Cendekiawan atau staff redaksinya. Penulis Utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.