PENGARUH MEDIA DAKOTA DAN KEAKTIFAN TERHADAP PRESTASI SISWA MATERI FPB DAN KPK

  • Fitri Rahmawati Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Rahmat Permana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Meiliana Nurfitriani Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Keywords: Keywords: Learning Media, Dakota, Active Learning, Learning Achievement

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hambatan yang dialami peserta didik dalam pembelajaran matematika, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan. Namun kenyataannya, saat ini masih banyak guru yang tidak menggunakan media pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika. Hal ini menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media dakota terhadap prestasi siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru khususnya materi FPB dan KPK adalah media dakota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif eksperimen. Populasi dan sampel yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Pasanggrahan Tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik sampling jenuh yang artinya semua populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes dan kuesioner/angket. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu prestasi belajar matematika yang diperoleh melalui pre-test dan post-test. Data tersebut diolah menggunakan uji Independent Sample Test (Uji-t). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu 0,023 < 0,05 yang menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa dapat mempengaruhi peranan media pembelajaran dakota terhadap prestasi belajar siswa.

References

-, W., & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics).

arsyad azhar. (2013). Raja Grafindo Persada jakarta. Media Pembelajaran Edisi Revisi.

Disnawati, H., & Haning, F. O. (2019). Workshop Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sampah dan Barang Bekas Bagi Guru MIN TTU. Bakti Cendana. https://doi.org/10.32938/bc.v2i2.280

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Mutiara, I. (2018). PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN ETIKA AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI. JURNAL RISET AKUNTANSI JAMBI. https://doi.org/10.35141/jraj.v1i2.60

Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (JIPT).

Nugrahanta, G., Rismiati, C., Anugraha, A., & Kurniastuti, I. (2016). Pengembangan Alat Peraga Matematika Berbasis Metode Montessori Papan Dakon Operasi Bilangan Bulat Untuk Siswa Sd. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD).

Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2020). Pengembangan Multimedia Moodle pada Pembelajaran Tematik Integratif berbasis Web Bagi Siswa Kelas IV SD. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.177

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SD. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.41

Pratiwi, N. K. (2017). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PERHATIAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMK KESEHATAN DI KOTA TANGERANG. Pujangga.

Published
2020-12-30
How to Cite
Rahmawati, F., Permana, R., & Nurfitriani, M. (2020). PENGARUH MEDIA DAKOTA DAN KEAKTIFAN TERHADAP PRESTASI SISWA MATERI FPB DAN KPK. Cendekiawan, 2(2), 95-103. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.187
Section
Articles