Cendekiawan https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN <p>Journal of Primary School Teacher Education<br><a href="https://cendekiawan.stkipmbb.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/index" target="_blank" rel="noopener">Cendekiawan</a> Journal is a collection of scientific articles from research results and literature reviews of teachers, lecturers and other education practitioners relating to education in elementary schools.<br>Taking the name of the Scholar is not based on the standard word although hope also leads to the meaning of the scholar in the standard word. Another expectation from the intellectuals is that people who are involved in primary school education are smart, clean, creative, innovative, active, and active in writing about problems that occur/occur in the world of primary school education along with the solution.</p> en-US <p>Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan <em>proprietary</em> yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan<em> proprietary</em> merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Cendekiawan atau staff redaksinya. Penulis Utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.</p> [email protected] (M. Iqbal Arrosyad M.Pd.) [email protected] (Feni Kurnia, M.Pd.) Thu, 07 Dec 2023 09:10:21 +0000 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Model Dialogic Reading Berbantuan Media Gambar Terhadap Penguasaan Kosakata dan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Segugus 6 Center Kecamatan Polongbangkeng Kabupaten Takalar https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/242 <p>Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Dialogic Reading berbantuan media gambar terhadap penguasaan kosakata dan membaca pemahaman siswa kelas IV SD segugus 6 center Kabupaten Takalar. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No. 39 Center Palleko yan berjumlah 27 siswa dan SDN No. 167 Inp. Malewang yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis. Hasil analisis data menggunakan uji independent sampel t test. Menunjukkan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Dialogic Reading berbantuan media gambar untuk penguasaan kosakata yaitu 76.85, sedangkan pada kelas control dengan pembelajaran konvensional yaitu 71.04. Sama halnya nilai rata-rata siswa untuk membaca pemahaman, pada kelas eksperimen yaitu 8-.19, sedangkan pada kelas control yaiutu 66.48, dari hasil tersebut dapat dilihat adanya perbedaan yang dignifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan model Dialogic Reading berbantuan media gambar dengan kelas control yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Dialogic Reading berbantuan media gamar terhadap penguasaan kosakata dan membaca pemahaman siswa kelas IV segugus 6 center kabupaten Takalar. Penelitian ini diharapkan model Dialogic Reading dapat menjadi salah satu alternative model pembelajaran di sekolah.</p> Fika Sapitri Marinti Artilia, Sitti Aida Azis, Erwin Akib Copyright (c) 2023 Fika Sapitri Marinti Artilia https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/242 Thu, 07 Dec 2023 08:46:13 +0000 Pengaruh Strategi Inside Outside Circle terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas III SDN 1 Sungaiselan https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/238 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar, penyampaian materi pembelajaran yang diterapkan oleh guru sekedar ceramah belum menerapkan strategi yang optimal, dan masih banyak siswa yang belum mencapai KKM. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Strategi <em>Inside Outside Circle</em> Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas III SDN 1 Sungaiselan pada semester ganjil tahun 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di kelas III dengan jumlah sampel 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode penelitian <em>Quasi Experimental Design</em>, dengan <em>Nonequivalent Control Groups Design. </em>Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sampel jenuh dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes, dan observasi. Teknik analisis dengan menggunakan uji <em>t-test</em> <em>sample related</em> <em>(Polled varian)</em> diperoleh nilai = 5,041 &gt; = 2,011 artinya diterima dan ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi <em>inside outside circle</em> terhadap hasil belajar PKN siswa kelas III SDN 1 Sungaiselan.</p> Septi Amelia, Vika Martahayu, Fandi Nugroho Copyright (c) 2023 septi amelia https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/238 Thu, 07 Dec 2023 09:07:19 +0000 Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis STEM Pada Tema Peduli Lingkungan Kelas IV Sekolah Dasar https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/300 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis STEM (<em>Science, Technology, Engineering, and Mathematics) </em>pada pembelajaran IPA Tema Peduli Lingkungan di sekolah dasar yang digunakan di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan desain pengembangan 4D yang terdiri atas <em>Define, Design, Develop</em> dan <em>Disseminate</em>. Pada tahap <em>Define</em>, dilakukan tahap pengembangan awal yang meliputi analisis kurikulum dan analisis media pembelajaran. Tahapan kedua adalah <em>design</em>, yang meliputi perancangan spesifikasi desain media pembelajaran audio visual yang akan dikembangkan, tahap ketiga yaitu <em>develop</em> meliputi tahapan validasi media pembelajaran yang meliputi validasi konstruk dengan hasil persentase rata-rata 95,83% pada validator pertama, 87,50% pada validator kedua, kemudian validasi media menghasilkan persentase rata-rata 86,11%, validator bahasa menghasilkan 95,00%. Hasil uji coba lapangan skala terbatas mdan skala luas masing-masing menghasilkan nilai rata-rata 93,15% dan 90,61%. Sedangkan nilai angket respon guru sebagai pengguna menghasilkan rata-rata 100%. Tahap terakhir adalah <em>Disseminate</em> yang dilaksanakan dengan penyebarluasan media pembelajaran kepada sekolah-sekolah dasar yang ada di Provinsi Bangka Belitung, dan juga melalui <em>platform </em>youtube. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran tema peduli lingkungan di kelas IV sekolah dasar.</p> Feni Kurnia Kurnia, Yuanita Copyright (c) 2023 Feni Kurnia Kurnia, Yuanita https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/300 Thu, 14 Dec 2023 03:54:11 +0000 Developing Interactive Learning Media of Traditional Bangka Belitung Games using Lectora Inspire as an Affirmation of Cultural Literacy at Schools https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/373 <p><em>The globalization era makes traditional games less popular. As cultural heritages, traditional games need to be preserved because they are a form of local wisdom of the community. This is in line with strengthening&nbsp;</em><em>the Pancasila Student Profile&nbsp;</em><em>with six main characteristics, one of which is global diversity. Elements and keys to global diversity include knowing and appreciating culture. This Research and Development (R &amp; D) used the ADDIE model which consists of analysis, design, development, implementation, and evaluation stages. The results of the research showed that the developed interactive media for traditional Bangka Belitung games as an affirmation of cultural literacy are valid and very practical with a score of 80% for material validation and 84% for media validation. Meanwhile, the small group test stage obtained a percentage of 97% with very practical criteria, and the large group test stage got a percentage of 94% with very practical criteria.</em></p> Yorenza Meifinda, Nurjannah Copyright (c) 2023 Yorenza Meifinda, Nurjannah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/373 Wed, 20 Dec 2023 07:46:40 +0000 Analisis Kebutuhan Belajar Membaca Siswa Disleksia di Sekolah Dasar https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/376 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan belajar membaca siswa disleksia di sekolah dasar berdasarkan aspek profil belajar dan kesiapan belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan Teknik observasi dan wawancara.&nbsp; Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas III—VI SD Negeri 10 Pangkalanbaru yang memiliki karakteristik sama yaitu mengalami gangguan belajar dalam membaca. Teknik analisis penelitian ini menggunakan tenik Creswell: Creswell yaitu mengorganisasikan dan menyiapkan data yang akan dianalisis, baca dan lihat seluruh data, membuat koding seluruh data, menggunakan koding sebagai bahan untuk membuat deskripsi, menghubungkan antartema. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan belajar membaca siswa disleksia dipetakan berdasarkan aspek profil belajar siswa dan kesiapan belajar. Pemetaan kebutuhan profil belajar siswa dikategorikan menjadi 3: visual, auditori, dan kinestetik dan pemetaan kebutuhan belajar membaca siswa disleksia dari aspek kesiapan terbagi menjadi: kelompok yang belum memiliki pengetahuan/keterampilan membaca tingkat kesulitan level tinggi dan kelompok yang cukup memiliki pengetahuan/keterampilan membaca terbata-bata atau mengeja. Berdasarkan pemetaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan belajar membaca yang berbeda-beda. Pendidik harus dapat mengidentifikasi kemampuan membaca siswa khususnya siswa disleksia agar dapat memberikan metode/teknik pembelajaran secara tepat sesuai dengan kebutuhan belajarnya.</p> Maulina Hendrik, Nagita Hevtarani, Novdia Sisilia, Eryza Tiara Dzulqa, Fitri Soraya Copyright (c) 2023 Maulina Hendrik, Nagita Hevtarani, Novdia Sisilia, Eryza Tiara Dzulqa, Fitri Soraya https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/376 Wed, 20 Dec 2023 08:05:05 +0000 Analisis Kebutuhan Pengembangan Panduan Penggunaan Aplikasi Plickers Sebagai Penunjang Penilaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/377 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan panduan penggunaan aplikasi plickers sebagai penunjang penilaian hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses penilaian. Metode penelitian yang digunakan adalah studi&nbsp; literatur, yang meliputi analisis jurnal penelitian terdahulu, buku, disertasi, e-book, dan contoh-contoh kasus yang berkaitan dengan masalah yang sedang diteliti. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi plickers merupakan alat yang efektif untuk menilai hasil belajar, dan diperlukan panduan untuk menggunakan aplikasi tersebut untuk memaksimalkan penggunaannya. Penelitian ini juga mengindikasikan adanya potensi untuk pengembangan lebih lanjut dalam hal penilaian hasil belajar dan pemanfaatan teknologi serupa dalam konteks pendidikan dasar. Pengembangan lebih lanjut ini dapat mencakup peningkatan panduan penggunaan, pengembangan fitur aplikasi yang lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan guru, serta penelitian lebih lanjut tentang dampak teknologi dalam proses belajar-mengajar. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi para pendidik dan peneliti yang tertarik untuk menggunakan teknologi dalam pendidikan dan meningkatkan proses pembelajaran dan penilaian.</p> Rachmadhani Adiningrum, Dewi Nilam Tyas Copyright (c) 2023 Rachmadhani Adiningrum, Dewi Nilam Tyas https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/377 Fri, 22 Dec 2023 08:46:46 +0000 Efektivitas Teknik Self Control dan Media Internet Sebagai Alat Bantu pada Layanan Bimbingan Belajar https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/239 <p>Layanan bimbingan belajar merupakan upaya pembimbing membantu anak dalam mengatasi dan menganalisis berbagai masalah kesulitan belajar. Salah satu fungsi dari pemberian layanan ini ditujukan untuk memberikan bekal kepada keluarga maupun guru dalam membimbing anak agar mampu merancang dan mempersiapkan masa depanya nanti. Kajian ini dilakukan atas dasar masih adanya indikasi anak yang memiliki self-control belajar yang lemah serta pemanfaatan media internet yang banyak disalahgunakan. Tujuan kajian ini yaitu untuk menguraikan diagnosis masalah belajar dan memberikan solusi yang dapat digunakan dalam menangani permasalahan tersebut. Data-data diungkap menggunakan teknik studi literatur dengan menjabarkan informasi-informasi yang akurat dan sesuai dengan judul pembahasan. Hasil dari pembahasan ini menggungkapkan bagaimana faktor-faktor kesulitan belajar anak dan menunjukan peran dari layanan bimbingan belajar ditinjau dari kondisi sekarang di era 4.0. Hasil dari pembahasan ini merekomendasikan kepada orang tua atau guru dalam memberikan bimbingan untuk menggunakan teknik self-control dengan kombinasi pemanfaatan media internet yang efektif membantu menangani masalah belajar dan memunculkan motivation booster pada anak.</p> Erika Pihastanti, Ahmad Falih Al Hafid, Antik Kusumawati, Difqi Febryan Fahraesa Copyright (c) 2023 Erika Pihastanti, Ahmad Falih Al Hafid, Antik Kusumawati, Difqi Febryan Fahraesa https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/239 Sat, 23 Dec 2023 02:24:46 +0000 Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantu Aplikasi Word Search Pada Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Kelas II di SD https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/369 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran <em>word square </em>berbantu aplikasi <em>word search </em>terhadap kemampuan siswa SD pada literasi baca tulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian <em>One Group Pretest. </em>Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes untuk mengukur kemampuan siswa dalam hal literasi baca tulis kelas II Sekolah Dasar. Teknik tes dilakukan dengan adanya tes awal (Pre-Test) dan tes akhir&nbsp; (Post-Test). Teknik analisis data&nbsp; Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil Pre-Test&nbsp; dan&nbsp; Post-Test.&nbsp; Hal&nbsp; ini&nbsp; ditunjukkan&nbsp; oleh&nbsp; hasil&nbsp; uji&nbsp; hipotesis&nbsp; menggunakan&nbsp; uji&nbsp; paired&nbsp; sample&nbsp; test&nbsp; dengan&nbsp; nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya nilai sig &lt; 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa&nbsp; terdapat&nbsp; pengaruh&nbsp; yang&nbsp; signifikan&nbsp; dalam menggunakan model pembelajaran <em>word square </em>berbantu aplikasi <em>word search </em>terhadap kemampuan siswa dalam hal baca tulis.</p> Cindy Marcella, Ermawati Zulikhatin Nuroh Copyright (c) 2023 Cindy Marcella, Ermawati Zulikhatin Nuroh https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/369 Sat, 23 Dec 2023 00:00:00 +0000 Efektivitas Cerita Digital pada Kemampuan Menulis di Sekolah Dasar Negeri https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/355 <p>Suatu pendidikan sangatlah penting, termasuk untuk siswa yang mengalami kurangnya kemampuan menulis. Maka dengan menggunakan perangkat aplikasi digital Plotagon kegunaan agar siswa mampu menceritakan tentang apa yang mereka lihat, mereka dengar, maupun mereka rasakan dengan lebih detail tanpa adanya kesusahan kata – kata ketika penulisan. Jenis penelitian ini untuk mengetahui keefektifan cerita digital dengan perangkat aplikasi Plotagon pada kemampuan menulis sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif Pre-Experimental Design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas III A SDN Bulusidokare Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokmentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistic dengan uji t berbantuan software SPSS. Berdasarkan hasil pretest dan posttest yang memiliki nilai rata – rata yang berbeda pretest 60,20, posttest 87,60 serta pengolahan data uji t diketahui sig (2-tailed) bernilai 0,000, data output tersebut menunjukkan bahwa, HO ditolak yang artinya Ha diterima. Uji hipotesis menunnjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest cerita digital pada pembelajaran kemampuan menulis. Menghasilkan peningkatan cerita digital pada kemampuan menulis cukup efektif disiswa kelas III A SD Negeri Bulusidokare Sidoarjo</p> Ermawati Zulikhatin Nuroh, Dendik Dwi Prandika Copyright (c) 2023 Ermawati Zulikhatin Nuroh, Dendik Dwi Prandika https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/355 Sat, 23 Dec 2023 03:12:28 +0000 Pengaruh Media Puzzle Match Time (Pumati) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Waktu di Kelas III SD Negeri 15 Parittiga https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/246 <p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari media puzzle match time (pumati) terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi waktu di Kelas III SD Negeri 15 Parittiga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode <em>quasi experimental design</em>, jenis desain yang digunakan adalah<em> nonequivalent control group design</em>. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 15 Parittiga. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol dengan teknik penentuan sampel berdasarkan teknik<em> sampling jenuh.</em> Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dengan soal uraian, dokumentasi berupa foto kegiatan pembelajaran dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari pengujian hipotesis diperoleh t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>tabel </sub>yaitu 3,534 &gt; 2,042 artinya H<sub>1</sub>diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media <em>Puzzle Match Time</em> (PUMATI)terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi waktu di kelas III SD Negeri 15 Parittiga.</p> Silawati Silawati, Romadon, Eka Rachma Kurniasih Copyright (c) 2023 Silawati Silawati, Romadon, Eka Rachma Kurniasih https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN/article/view/246 Thu, 28 Dec 2023 13:44:46 +0000