Pengembangan Media Pembelajaran Materi Satuan Waktu Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Android
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 yang dapat berjalan di Android pada pembelajaran matematika yaitu materi satuan waktu di kelas 3 Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran serta membuat siswa lebih senang dalam pembelajaran agar tidak cepat bosan sehingga materi yang disampaikan dapat lebih dipahami oleh siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, dengan model Borg and Gall. Desain pengembangan penelitian ini terdiri dari 10 langkah dan dalam penelitian ini dilakukan sampai langkah ke 8. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pengembangan desain media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi di Android pada materi satuan waktu kelas III SD, mengetahui kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi di Android pada materi satuan waktu kelas III SD, serta mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran dan membuat siswa lebih senang dalam pembelajaran agar tidak cepat bosan sehingga materi dapat lebih dipahami oleh siswa, hal ini terlihat dari pre test dan post test serta respon dari guru dan siswa.
References
Aini, B. O., Ayu, K. C., & Siswati, S. (2019). Pengembangan Game Puzzle Sebagai Edugame Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SD. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 74. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.768
BusyaAeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(1), 149. https://doi.org/10.22373/jid.v12i1.444
Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387
Fitriana, D. (2022). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif (Ape). JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 580. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.726
Friantona Nasution, M., & Darwis, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 068074 Medan Denai. Edu Global?: Jurnal Penelitian Pendidikan, 01(01), 45–54.
Hafiedz, R., Nurhamidah, D., Bahasa, P., Indonesia, S., Syarif, U., & Jakarta, H. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pena Literasi, 54–64. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasiEmail
Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. AWLADY?: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831
June, N. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 195–208. http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/3
Muryaningsih, S. (2021). Media Pembelajaran Berbahan Loose Part Dalam Pembelajaran Eksak Di Mi Kedungwuluh Lor. Khazanah Pendidikan, 15(1), 84. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10360
Mustika, N., & Suyadi, S. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar Terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2052–2060. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546
Nurrohman, A. (2021). Analisis Edugame Berbasis Android. Sinasis, 247(1), 3–4.
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr?: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168
Octavia, A. D., Surjanti, J., & Suratman, B. (2021). Pengembangan Media M-Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2380–2391. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/797
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8.
Prasetyo, R. B., Muthmainnah, R. N., Ismah, Widiyasari, R., & Santoso, G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Materi Peluang Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 01(03), 30–43.
Rahmawati, A. (2015). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2875
Qurrotaini, L., Triyana, A., & Susanto, A. (2021). Pengembangan Permainan Edukasi LAGA OPRASIA Berbasis Gamification in Education Pada Pembelajaran IPA SD. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–6.
Rosita, D., Ramadhan, I., & Labulan, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3. Pendidikan Komputer, 15(8), 5029–5036. http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/1379/pdf
Rusmin Husain, & Ditya Ibrahim. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Di Sekolah Dasar. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1365–1374.
Ulfa, H., & Suripah. (2022). Articulate storyline 2 interactive learning media in transformation materials for class IX junior high school. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 205–220. https://doi.org/10.33654/math.v7i3.1391
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi?: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692
Yarda, L., Cahyadi, F., & Listyarini, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinker Book Kelas V Pada Materi Sifat – Sifat Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Sdn Ngotet Rembang. Wawasan Pendidikan, 4(1), 149–159. https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.17059
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Copyright (c) 2024 Fajar Cahyadi, Tito Prayogo, Veryliana Purnamasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Cendekiawan atau staff redaksinya. Penulis Utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.