Penggunaan Media Puzzle untuk Peningkatan Hasil Belajar Bangun Datar Peserta Didik Kelas 4 di SDN 208 Palembang
Abstract
Bangun datar merupakan objek geometri yang terdiri dari sudut, garis, dan titik. Permasalahan penelitian ini, yaitu ditunjukkan dengan adanya 9 siswa dari 20 siswa dengan persentase 45% belum mempunyai hasil belajar bangun datar yang baik. Sehingga peneliti melakukan penelitian tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar bangun datar peserta didik kelas 4 SDN 208 Palembang. Metode penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Robbin McTaggart yang terdapat 4 langkah penelitian, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Ditunjukkan hasil penelitian bahwa adanya kenaikan ketuntasan belajar dengan jumlah siswa dari pra siklus sejumlah 11 orang, siklus 1 sejumlah 13 orang, dan siklus 2 sejumlah 16 orang. Selain itu, adanya kenaikan rata-rata ketuntasan belajar dari pra siklus yaitu sebanyak 71,5 dengan kategori baik, siklus 1 yaitu sebanyak 74,0 dengan kategori baik, dan siklus 2 yaitu sebanyak 80,5 dengan kategori baik. Bukan hanya itu, adanya kenaikan persentase hasil belajar dari pra siklus yaitu senilai 55% atas kategori cukup, siklus 1 yaitu senilai 65% atas kategori cukup, serta siklus 2 yaitu senilai 80% atas kategori baik. Berdasarkan data yang sudah dipaparkan, bisa ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media puzzle untuk peningkatan hasil belajar bangun datar efektif mampu meningkatkan hasil belajar bangun datar peserta didik secara efektif dan signifikan.
References
Alwasi, Farina Trias, Shalaisa Saputri, Widianti Nurohmah, and Komariah. 2023. “Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Bangun Datar Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Pada Materi Menyusun Dan Mengurai Bangun Datar.” Tadzkirah?: Jurnal Pendidikan Dasar 6(1):50–61. doi: 10.55510/tadzkirah.v6i1.208.
Amalia, Dian, and Imam Wahyudi. 2019. Seri Matematika: Matematika 4. Depok: Dar el Ilm Li Awlad Publishing.
Anitah, Sri, and dkk. 2015. Strategi Pembelajaran Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ariani, Yetti, and Ary Kiswanto Kenedi. 2018. “Model Polya Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inspirasi Pendidikan 8(2):25–36. doi: 10.21067/jip.v8i2.2520.
Ariyanti, Mega Yuni, and Eva Luthfi Fakhru Ahsani. 2022. “Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV.” ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar 6(2):60–69.
Hidayati, Vinalisa Okky. 2014. “Peningkatan Pembelajaran Bangun Datar Melalui Media Puzzle Pada Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Elementary Education 3(4):14–20.
Isrok’ atul, A. R. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara.
Kurniati, Sri. 2022. Metode Pembelajaran LBS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Pekalongan: NEM.
Maisarah. 2020. PTK Dan Manfaatnya Bagi Guru. Bandung: Media Sains Indonesia.
Nurfadhillah, Septy, and dkk. 2021. Media Pembelajaran: Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, Dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak.
Nuridayanti. 2022. Mengembangkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Problem Posing. Pekalongan: NEM.
Risnawati, and Bahar. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Dakon Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Di Kabupaten Gowa.” Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan 15(2).
Rusmiati Aliyyah, Rusi, and Yesi Malia. 2017. “Inprovement of Science Learning Outcomes Using Audio-Visual Media on Learning the Properties of Light.” Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(2):82–90. doi: 10.30997/dt.v3i2.321.
Sinar. 2018. Metode Active Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Subakti, Hani, and dkk. 2022. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Secara Teoretis Dan Praktis. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sumiharsono, Rudy, and Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi.
Wahyuni, Molli, and Nini Ariyani. 2020. Teori Belajar Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Wahyuningsih, Endang Sri. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Copyright (c) 2024 Yasmin Oktaviani, Syarifuddin, Meri Hartati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Cendekiawan atau staff redaksinya. Penulis Utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.