Pengaruh Media Pembelajaran Holo Math terhadap Hasil Belajar pada Matematika Peserta Didik SD Inpres 40 Matawolot
Abstract
ABSTRAK
Satria Kusuma Hadi /148620617091. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN HOLO MATH (HOLOGRAM MATHEMATIC) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VI SD INPRES 40 KABUPATEN SORONG. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Desember 2023
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh media pembelajaran holo math (Hologram Matematic)terhadap hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat kelas VI SD Inpres 40 Kabupaten Sorong . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Exsperimental atau Pra Eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pembagian lembar angket, menggunakan soal post test pre test, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau mengambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa maksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau genaralisasi. Pada penelitian ini juga dilakukan uji normalitas yang mengggunakan uji Kolmogrov-Smirnov untuk mengetahui persebaran data yang dilakukan normal atau tidak. Kesimpulannya Aktivitas belajar peserta didik yang yang diajarkan dengan menggunakan media holo math lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan media.mereka lebih mudah memahami matematika dengan materi yang disugukan bilangan bulat. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase rata-rata kedua pengamat yang dilakukan sebelum diberi tindakan dan sesudah diberi tindakan yang tertera pada hasil SPSS V23.0 nilai singnifikansi 0,153 dan vidio holo math termasuk dalam kategori baik, berdasarkan hasil observasi dan angket yang dibagikan pada peserta didik. Adapun nilai post tes dan pre test yang menunjukkan bahwa setelah di beri tindakan terdapat perubahan yang signifikan.
References
Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran, Bandung, Remajas Rosdakarya.
Arikunto.(2010). prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta.
Sadiman, A., ddk. (2008). Media Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Sinar Grafika.
Budi, R.R.(2008). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Melalui Pengunaan Alat Peraga Praktik Miniature Tondon Air Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2 No 1 Halaman 65-67.
Arikunto, Suharsimi (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran, Bandung. Alfabeta.
Bahruddin. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Arruz Media,.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam.
Nur Indah Rahmawati, S.S. (2019). Pembelajaran Kooperatif Sebagai Model Efektif Untuk Mengembangkan Interaksi dan Komunikasi Antar Guru dan Peserta Didik. Journal Of Chemical Information and Modeling,
Steffi Adam, M.T.S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam.
Sumbono, Aung. (2014). Panduan SPSS Untuk Statistika Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Deepublish.
Rayadra Asyar, (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Rusman. (2017). Belajar dan Ragam Pembelajaran Berorientasi Standar Press Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Sutikno, M. Sobry, (2013).. Belajar dan Pembelajaran. Lombok : Holistica
Slameto, (2016), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta,
Sardiman (2008). Interaksi dan Motivasi Megajar, Jakarta : Rajawali Pers.
Siregar, Sofyan (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapidengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
Gatot Muhseto, (2010). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Rifa’i, Achmad dan catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Copyright (c) 2024 Satria Kusuma Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Cendekiawan atau staff redaksinya. Penulis Utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.