Diagnosis Kesulitan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Al-Bathani Sekolah Dasar Muhammadiyah Setiabudi 12 Pamulang

  • Mukmin Rizki Surya Budiman Budiman Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Maulina Hendrik Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Romadon Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
Keywords: Kata Kunci: Diagnosa, Kesulitan Berbicara, Bahasa Indonesia.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbicara siswa yang terlihat masih takut, malu dan ragu-ragu dalam menyampaikan jawaban saat diberikan pertanyaan dan memberikan pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Al-Bathani SD Muhammadiyah 12 Pamulang. Model penelitian ini merupakan penelitian kualiatif, metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Teknik sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan), interview (wawancara), kuesioner (angket),  dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Berdasarkan analisis data kualitatif faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa yaitu siswa merasa takut jika menjawab pertanyaan yang diberikan guru, siswa merasa minder dengan teman-temannya sering di ejek temannya, faktor lain yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa yaitu lingkungan sekitar siswa yang jauh dari teman-temannya juga mempengaruhi belajar siswa. Selain itu siswa juga mengalami keterlambatan belajar pada penerimaan materi pembelajaran. Kendala yang di alami guru saat meningkatkan keterampilan berbicara siswa untuk menunjang hasil belajar. Kendala yang di alami guru yaitu kondisi siswa yang ingin di perhatikan oleh gurunya. Jika guru menunjuk siswa yang kesulitan berbicara dan siswa tersebut hanya diam maka siswa lain berebut untuk ditunjuk guru.

References

Anggun Anggriani, Syarifuddin Kune, S. F. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar IPA Materi Kalor Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Tamalate. Cendekiawan, 4(2), 103–116. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.264

Chairunnisa, N. F., Zultiar, I., & Hurri, I. (2019). Efektivitas Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Islam Al-Fauza Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Utile, 5(2), 153–159.

Dadang. (2020). Analysis of the Application of Paragraph Exchange Technique in Writing Student Essays (Case Study in SD Negeri 4 Cipedes). Cendekiawan, 2(1), 28–40. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.175

Hartati, S. (2019). A Efforts to Improve Student Learning Outcomes of Class IV of SD Negeri Seworan Inter-line Relations Material through Realistic Mathematics Education (RME) Approach with Concrete Media. Cendekiawan, 1(2), 28–42. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.164

MUAYAD, Y. T. (2021). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Dikelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Di Mts Negeri 3 Bandung Barat Kabupaten Bandung Barat. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 41–48. https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i1.259

Muriyanto, M. (2019). The Constraints in Teaching Islamic Education in Class. Cendekiawan, 1(2), 16–27. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.159

S

Mabruri, Z. K. (2017), ‘Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sd Negeri Ploso 1 Pacitan’, Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 1, no. 2, hh. 112-117.

Mancoro, N. (2015), ‘Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Dongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I SD Negeri 2 Tatura’, Jurnal Kreatif Tadulako Online vol. 4, no. 4, hh. 306-314.

Nurjamal, D., Sumirat, W., Darwis, R. (2014). Terampil Berbahasa. Alfabeta, CV. Bandung.

epti Wulan Sari, Y. A. (2022). Analisis Pelaksanaan ANBK Ditinjau Dari Hasil Literasi Membaca Dan Literasi Numerasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Cendekiawan, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.258

Ulvina Rachmawati. (2013). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Tanpa Alokasi Jam Pembelajaran Di Sman 3 Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling - Theory and Application, 2(1).

Suharto, S. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. CV Pustaka Setia. Bandung.

Susano, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT Fajar Interpratama Mandiri. Jakarta.

Suhara, A. M. (2015), ‘Kesulitan Menyimak, Berbicara, Dan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sma’, Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 4, no 1, hh. 12-34.

Hendrik, M., Arafatun Sasih, K. (2018), ‘Pengembangan Media Pembelajaran Nganggung Sebagai Alternatif Pembelajaran Berbicara Di Kelas Rendah’, Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, vol. 6, no. 2, hh 162-171.

Romadon, Dinanti, R. P., Ardiansah, F. (2020). ‘Pengembangan Media Komjinasi (Komik Imajinasi) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar’, Jurnal Profesional Akademisi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 2, no. 2, hh 64-68.

Indah, R. N. (2017). Gangguan Berbahasa. UIN Maliki Press. Malang.

Hendri, M. (2017), ‘Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif’, Jurnal Kependidikan Islam, vol. 3, no. 2, hh. 196-210.

Published
2023-06-26
How to Cite
Budiman, M. R. S. B., Hendrik, M., & Romadon. (2023). Diagnosis Kesulitan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Al-Bathani Sekolah Dasar Muhammadiyah Setiabudi 12 Pamulang. Cendekiawan, 5(1), 85-91. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v5i1.327
Section
Articles