Diagnosis Kesulitan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Al-Bathani Sekolah Dasar Muhammadiyah Setiabudi 12 Pamulang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbicara siswa yang terlihat masih takut, malu dan ragu-ragu dalam menyampaikan jawaban saat diberikan pertanyaan dan memberikan pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Al-Bathani SD Muhammadiyah 12 Pamulang. Model penelitian ini merupakan penelitian kualiatif, metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Teknik sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan), interview (wawancara), kuesioner (angket), dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Berdasarkan analisis data kualitatif faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa yaitu siswa merasa takut jika menjawab pertanyaan yang diberikan guru, siswa merasa minder dengan teman-temannya sering di ejek temannya, faktor lain yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa yaitu lingkungan sekitar siswa yang jauh dari teman-temannya juga mempengaruhi belajar siswa. Selain itu siswa juga mengalami keterlambatan belajar pada penerimaan materi pembelajaran. Kendala yang di alami guru saat meningkatkan keterampilan berbicara siswa untuk menunjang hasil belajar. Kendala yang di alami guru yaitu kondisi siswa yang ingin di perhatikan oleh gurunya. Jika guru menunjuk siswa yang kesulitan berbicara dan siswa tersebut hanya diam maka siswa lain berebut untuk ditunjuk guru.
References
Anggun Anggriani, Syarifuddin Kune, S. F. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar IPA Materi Kalor Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Tamalate. Cendekiawan, 4(2), 103–116. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.264
Chairunnisa, N. F., Zultiar, I., & Hurri, I. (2019). Efektivitas Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Islam Al-Fauza Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Utile, 5(2), 153–159.
Dadang. (2020). Analysis of the Application of Paragraph Exchange Technique in Writing Student Essays (Case Study in SD Negeri 4 Cipedes). Cendekiawan, 2(1), 28–40. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.175
Hartati, S. (2019). A Efforts to Improve Student Learning Outcomes of Class IV of SD Negeri Seworan Inter-line Relations Material through Realistic Mathematics Education (RME) Approach with Concrete Media. Cendekiawan, 1(2), 28–42. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.164
MUAYAD, Y. T. (2021). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Dikelas Melalui Penerapan Reward And Punishment Di Mts Negeri 3 Bandung Barat Kabupaten Bandung Barat. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 41–48. https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i1.259
Muriyanto, M. (2019). The Constraints in Teaching Islamic Education in Class. Cendekiawan, 1(2), 16–27. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.159
S
Mabruri, Z. K. (2017), ‘Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sd Negeri Ploso 1 Pacitan’, Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 1, no. 2, hh. 112-117.
Mancoro, N. (2015), ‘Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Dongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I SD Negeri 2 Tatura’, Jurnal Kreatif Tadulako Online vol. 4, no. 4, hh. 306-314.
Nurjamal, D., Sumirat, W., Darwis, R. (2014). Terampil Berbahasa. Alfabeta, CV. Bandung.
epti Wulan Sari, Y. A. (2022). Analisis Pelaksanaan ANBK Ditinjau Dari Hasil Literasi Membaca Dan Literasi Numerasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Cendekiawan, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.258
Ulvina Rachmawati. (2013). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Tanpa Alokasi Jam Pembelajaran Di Sman 3 Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling - Theory and Application, 2(1).
Suharto, S. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. CV Pustaka Setia. Bandung.
Susano, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT Fajar Interpratama Mandiri. Jakarta.
Suhara, A. M. (2015), ‘Kesulitan Menyimak, Berbicara, Dan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sma’, Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 4, no 1, hh. 12-34.
Hendrik, M., Arafatun Sasih, K. (2018), ‘Pengembangan Media Pembelajaran Nganggung Sebagai Alternatif Pembelajaran Berbicara Di Kelas Rendah’, Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, vol. 6, no. 2, hh 162-171.
Romadon, Dinanti, R. P., Ardiansah, F. (2020). ‘Pengembangan Media Komjinasi (Komik Imajinasi) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar’, Jurnal Profesional Akademisi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 2, no. 2, hh 64-68.
Indah, R. N. (2017). Gangguan Berbahasa. UIN Maliki Press. Malang.
Hendri, M. (2017), ‘Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif’, Jurnal Kependidikan Islam, vol. 3, no. 2, hh. 196-210.
Copyright (c) 2023 Mukmin Rizki Surya Budiman Budiman, Maulina Hendrik, Romadon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Cendekiawan atau staff redaksinya. Penulis Utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.