Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar IPA Materi Kalor Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Tamalate

  • Anggun Anggriani UNIVERSITAS MUHAMADIYAH MAKASSAR
  • Syarifuddin Kune Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Fithriani Saleh Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Pengaruh model generatif, Hasil belajar, Keterampilan proses sains

Abstract

Penelitian kuantitaif Quasi-Experimental Design ini dilakukan dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar pada materi kalor siswa kelas V di SD Inpres Malengkeri. Dilakukan sejak 6 April hingga 27 Juni atau lebih kurang 3 bulan. Seluruh Data dianalisis menggunakan teknik statistik deksriptif dan statistik inferensial dengan analisis Manova (Multivariate Analysis of variance) untuk melihat pengaruh model generatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa yang dibagi dua kelas dengan masing-masing 30 orang pada kelas VA dan VB. Hasil yang diperoleh menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model generatif, di mana nilai rata-rata hasil belajar post-test kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran generatif sebesar 85,40 dan kelas kontrol sebesar 75,60. Nilai rata-rata leterampilan proses berdasrkan indikator pada kelas eksperimen sebesar 96,00 sedangkan kelas kontrol sebesar 77,83.

References

Aisyah, Jaenudin, R., & Koryati, D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 4 nomor 1, 1–11.

Ali, L. U. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Hakikat Sains Pada SMP Di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 103. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1020

Amanah, P. D., Harjono, A., & Gunada, I. W. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Generatif Berbantuan Scaffolding Dan Advance Organizer. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 84–91. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.334

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(20), 245–252. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/21426/12225

Gazali, A., Hidayat, A., & Yuliati, L. (2015). Efektivitas Model Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 3(1), 10–16. https://doi.org/10.17977/jps.v3i0.4833

Hafizah, S., Miriam, S., & Misbah, M. (2020). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Berorientasi Learner Autonomy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 76. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2060

Lestari, S., Andinasari, A., & Retta, A. M. (2020). Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.30738/indomath.v3i1.6356

Markawi, N. (2009). Markawi – Pengaruh Keterampilan Proses Sains,penalaran,dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Formatif, 3(1), 11–25.

Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60–60. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13886

Muliyani, R., Kurniawan, Y., & Sandra, D. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Terpadu Siswa melalui Implementasi Levels of Inquiry (LoI). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 81. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1904

Novelia, R., Rahimah, D., & Syukur, M. F. (2017). Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan Lkpd Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas Viii.3 Smp Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 20–25. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.20-25

Nur Tuada, R. G. S. (2019). pengaruh model pembelajaran generatif dengan teknik guided teaching terhadap keterampilan proses sains Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2).

Rahayu, C., & Festiyed, F. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Model Pembelajaran Generatif Dengan Pendekatan Open-Ended Problem Untuk Menstimulus Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 1–6. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/5363

Salmiah. (2020). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Donggala. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 159–168.

Santika, W. E., Kania, N., Nurhikmayati, I., & Generatif, M. P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Generatif. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA: Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revolusi Indusri 4.0, 479–484.

Sari, H. K. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 15–22.

Sari, K., Syukri, M., & Halim, A. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sainsdan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 51–55.

Siswono, H. (2017). Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Momentum: Physics Education Journal, 1(2), 83. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i2.1967

Siti Rohmawati, Nur Ngazizah, E. S. K. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Laboratorium Fisika Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X Sma Negeri 10 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 7(2), 19–24.

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains The Physics Learning with Experimental Methods to Increase Cognitive Aspects of Learning Outcomes and Science Process Skills. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252–261.

Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 61–65. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.290

Sulpiana, Akmam, A., & Kamus, Z. (2018). Implementasi LKS IPA Terpadu Dalam Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Kelas VIII SMP. Pillar of Physics Education, 11(2), 97–104. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/3103

Sumiantari, N. L. E., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 12. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17219

Suryanto, S. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Pelajaran Ips Melalui Gabungan Metode Ceramah Dengan Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Autentik. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(2), 135. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i2.26017

Ubaidillah, M. (2016). Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal EduFisika, 01(02), 9–20.

Published
2022-12-13
How to Cite
Anggriani, A., Kune, S., & Fithriani Saleh, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar IPA Materi Kalor Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Tamalate. Cendekiawan, 4(2), 103-116. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.264
Section
Articles