Pengaruh Model Dialogic Reading Berbantuan Media Gambar terhadap Penguasaan Kosakata dan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Segugus 6 Center Kecamatan Polongbangkeng Kabupaten Takalar

  • Khairul Hasmar Universitas Muhammdiyah Makassar
  • Sitti Aida Azis Program pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indoensia
  • Erwin Akib Program pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indoensia
Keywords: Dialogic Reading

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Dialogic Reading berbantuan media gambar terhadap penguasaan kosakata dan membaca pemahaman siswa kelas IV SD segugus 6 center Kabupaten Takalar. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No. 39 Center Palleko yan berjumlah 27 siswa dan SDN No. 167 Inp. Malewang yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis. Hasil analisis data menggunakan uji independent sampel t test. Menunjukkan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Dialogic Reading berbantuan media gambar untuk penguasaan kosakata yaitu 76.85, sedangkan pada kelas control dengan pembelajaran konvensional yaitu 71.04. Sama halnya nilai rata-rata siswa untuk membaca pemahaman, pada kelas eksperimen yaitu 8-.19, sedangkan pada kelas control yaiutu 66.48, dari hasil tersebut dapat dilihat adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan model Dialogic Reading berbantuan media gambar dengan kelas control yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Dialogic Reading berbantuan media gamar terhadap penguasaan kosakata dan membaca pemahaman siswa kelas IV segugus 6 center kabupaten Takalar. Penelitian ini diharapkan model Dialogic Reading dapat menjadi salah satu alternative model pembelajaran di sekolah.

References

Ai Parihah, M. Fahmi Nugraha, Anggia Suci Pratiwi. (2020). Pengaruh Metode Chain Writing terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cendekiawan, 84.

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Candra, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Membaca Anak Dalam Memahami Isi Bacaan. https://doi.org/10.31227/osf.io/3mqw2

Ewers, C., & Brownson, S. (1999). Kindergarteners’ Vocabulary Acquisition As a Function of Active Vs. Passive Vs. Passive Storybook Reading, Prior Vocabulary, and Working Memory. Reading Psychology, 11-20. https://doi.org/10.1080/027027199278484.

Dwita Laksmita Rachmawati, S. H. (2022). Strategi "Dialogi Reading" untuk Meningkatkan Interaksi Guru dan Siswa pada Ekstrakurikuler Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Masyarakat Mandiri, 2332-2345.

Fleury, V. P., & Schwartz, I. S. (2017). A modified dialogic reading intervention for preschool children with autism spectrum disorder. Topics in Early Childhood Special Education, 37, hlm. 16–28.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: UNDIP.

Istiqomah, N. E. (2009). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata dan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Membaca Dialogic Melalui Media Gambar. Repository UPI.

Lahir, S., Ma'ruf, H.M., Tho'in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Edunomika Vol. 01 No. 01.

Nurafiat, M. E. (2020). Efektivitas Media Gambar Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas X SMA Muhammadiyagh Limbung. Eprints Universitas Negeri Makassar, 8.

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Purnama Kadir, M. T. (2015). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Kelas IV SD Inpres Balaroa. Jurnal Dikdas.

Rahmayanti, N. A. (2017). Pengaruh Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Siswa kelas VII SMP Negeri 2 PAPAR . Universitas Nusantara PGRI Kediri , 6.

Saraswati, C. D. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Membaca Anak Dalam Memahami Isi Bacaan. https://doi.org/10.31227/osf.io/5v3qg.

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusataka Pelajar.

Usmadi. (2020). Pengaruh Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas).Inovasi Pendidikan Vol. 7 No.1.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, and Vocatiaonal Education (ELINVO) Vol. 1 No. 2

Published
2022-12-13
How to Cite
Hasmar, K., Aida Azis, S., & Akib, E. (2022). Pengaruh Model Dialogic Reading Berbantuan Media Gambar terhadap Penguasaan Kosakata dan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Segugus 6 Center Kecamatan Polongbangkeng Kabupaten Takalar. Cendekiawan, 4(2), 95-102. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.263
Section
Articles