Efektivitas Media Maket KINSE AIRANG terhadap Pemahaman Konsep Sumber Energi Bagi Siswa Kelas IV SD

  • Citra Dewi Anggraeni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Indonesia
  • Santi Hendayani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Indonesia
  • Deny Apriyani Juhri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Indonesia
Keywords: Media Maket, Pemahaman Konsep, INSE AIRANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media maket KINSE AIRANG terhadap pemahaman konsep sumber energi bagi siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuasi Eksperimen, dengan menggunakan desain penelitian Non-Equivalent (Pretest Dan Posttest) Control-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV di SD Negeri 4 Tanjung Jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda pretest dan postest serta angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perhitungan uji paired sampel t-test didapatkan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Nilai rata-rata N-gain score kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu sebesar 56,5% dan 39,8%, sehingga dapat dikatakan media maket KINSE AIRANG cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat diartikan bahwa ada perbedaan penggunaan media maket KINSE AIRANG terhadap pemahaman konsep sumber energi bagi siswa kelas IV SD.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Buku Pedoman Guru Tema: Kayanya Negeriku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan campuran Edisi Ke-4. Terjemahan: Ahmad Fawid dan Rianayati Kusmini Pancasari. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anderson, L.W., & Krathowohl, D. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Edisi ke 1. Terjemahan oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Perkasa.

B. Uno, Hamzah., & Mohamad, Nurdin. (2014). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Koniceck-Moran, R., & Keeley, P. (2015). Teaching For Conceptual Understanding In Science. NSTA Press: Arlington.

Samatowa, Usman. (2017). Pembelajarn IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siregar, Syofian. (2019). Statistik Paramentrik untuk penelitian kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPPS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermita, Rani. (2015). Fungsi Maket Sebagai Media Visual Pada Karya Desain Interior. Vol. 1 No. 1. Jurnal Proporsi. Universitas Potensi Utama Medan. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/PROPORSI/ar ticle/view /494. Diakses pada tanggal 11 Maret 2020.

Kudisiah, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Bedus Tahun Pelajaran 2017/2018. Vol. 4, No. 2. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 195-202. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/475. Diakses pada tanggal 10 Maret 2020.

Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-langkah Pemilihan dan Implementasinya dalam Pembelajaran).Vol. 37, No. 1. Jurnal Pemikiran Islam. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. http://ejournal.uin-suska.ac. id/index.php/Anida/article/view/310. Diakses pada tanggal 5 April 2020.

Melyasari, Eka, B. (2014). Pemanfaatan Media Maket Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 3. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. https://jurnalmahasiswa.unesa. ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/11642. Diakses pada tanggal 6 April 2020.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Vol. 4, No. 1. Jurnal Cakrawala Pendas, 9-16. https://media.neliti. com/media/publications/266398-upaya-meningkatkan-pemahaman-konsep-sisw-a001d956.pdf. Diakses pada tanggal 10 Maret 2020.

Nurfalitasari, Iftika, & Indartono. (2017). Pengaruh Model Problem Posing Dengan Media Maket Terhadap Peningkatan Berfikir Kritis dan Aktivitas Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Vol. 8, No. 2. Jurnal Tardis Pendidikan Biologi, 46-66.http://ejournal. radenintan.ac.id/index. php/biosfer/article/view/2298. Diakses pada 13 Juni 2021.

Widiawati, N. P., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD di Gugud II Kecamatan Banjar. Vol. 3, No. 1. MIMBAR PGSD Undiskha. https://ejour nal.undiksha.ac.id/index. php/ JJPGSD/article/view/5847. Diakses pada tanggal 8 Mei 2020.

Joswiak, Jorg. (2020). Miniature Appreciation – What’s So Great About Little Models. Articel. Independent Scholar, Vienna, Austria.https://www.tandf online.com/doi/ abs/ 10.1080/21500894.2020.1797865. Diakses pada tanggal 25 Desember 2020.

Published
2022-06-29
How to Cite
Anggraeni, C. D., Hendayani, S., & Juhri, D. A. (2022). Efektivitas Media Maket KINSE AIRANG terhadap Pemahaman Konsep Sumber Energi Bagi Siswa Kelas IV SD. Cendekiawan, 4(1), 60-67. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i1.261
Section
Articles