Implikasi Perkembangan Kognitif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

  • Norma Yunaini Universitas Muhammmadiyah Pringsewu Lampung
  • Devi Yuyun Winingsih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Indonesia
Keywords: Keywords: deelopment, cognitive, learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih jauh tentang teori perkembangan kognitif oleh Jean Piaget terhadap pembelajaran di sekolah dasar sesuai tingkat berfikir anak. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku, jurnal, artikel, dan karya ilmiah lainnya. Teknik pengumpulan datanya adalah Studi Pustaka. Analisis data menggunakan content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak pada tahap usia operasional konkret (7-12 tahun) dalam pembelajaran ini berbeda-beda hampir pada setiap fase usianya. Pembelajaran di Sekolah Dasar disesuaikan dengan tahapan usia. Hal ini sesuai dengan implementasi teori perkembangan Jean Piaget. Merujuk pada bagaimana orang tumbuh, menyesuaikan diri, dan berubah sepanjang perjalanan hidupnya melalui perkembangan fisik, perkembangan kepribadian, perkembangan sosioemosi, perkembangan kognisi (pemikiran), dan perkembangan bahasa. Selain tingkat pemahaman model dan metode serta penanganan yang digunakan juga bervariatif. Hasil penelitian dapat menjadi landasan guru mengajar sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran. Terlebih untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan nasional

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/EDUMASPUL.V6I1.3394

Anidar, J. (2017). Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(2), 8–16.

Ansori. (2015). Perkembangan Kognitif. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Antar, P., & Supriyadi, P. (2016). Community Of Practitioners : Solusi Alternatif Berbagi. Lentera Pustaka, 2(2), 83–93.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2019). Implications for educational practice of the science of learning and development. Https://Doi.Org/10.1080/10888691.2018.1537791, 24(2), 97–140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791

Dialektika, J., & Pgsd, J. (2016). Kata kunci : konsep dasar, perkembangan kognitif, Jean Piaget. 5(1), 1–10.

Ar-Raniry, D. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget A. Pendahuluan (Vol. 3, Issue 1). Januari-Juni.

Hanafi. (2019). Perkembangan Kognitif Menurut “Jean Piaget†Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.

Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2020). Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.24929/alpen.v3i2.30

Hendrizal. (2015). Menelisik Implikasi Perkembangan Kognitif dan Sosioemosional dalam Pembelajaran. Jurnal PPKn & Hukum, 10(2), 20–44.

Husain, A. (2014). Hakikat Pengembangan. Igarss 2014, 1, 1–5.

Ilmiah, J., Pendidikan, I., & Xii, V. (2012). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif dalam Kegiatan Belajar Oleh: Nurfarhanah Universitas Negeri Padang. XII(2), 12–17.

Intelektual, S., Matematika, G., Pasca, M., Jurusan, S., & Matematika, P. (2011). (Suara Intelektual Gaya Matematika) Vol. 3, Ed. 1, 2011. 3.

Jannah, M. (2015a). Tugas-Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak-Kanak. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 1(2), 89–91.

Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan Kognitif Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky). Jurnal Madaniyah, 11.

Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan Kognitif Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Marinda, (2021). Progam Pascasarjana IAIN Jember Prodi PGMI, L. (n.d.). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar.

Mu’min, S. A. (2013). Teori Pengembangan Kognitif Jian Piaget. Jurnal AL-Ta’dib, 6(1), 89–99.

Murni. (2017). Perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial pada masa kanak-kanak awal 2-6 tahun. Jurnal Pendidikan Bunayya, III(1), 19–33.

Naldi, H. (2018). Perkembangan Kognitif, Bahasa Dan Perkembangan Sosioemosional Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 102. https://doi.org/10.24036/scs.v5i2.110

Neviyarni, A. (2020a). Perkembangan Kognitif, Bahasa, Perkembangan Sosio-Emosional, Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Inovasi Pendidikan, 7(2), 1–13. https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2380

Sholahuddin, A., Yuanita, L., Supardi, Z. A. I., & Prahani, B. K. (2020). Applying the cognitive style-based learning strategy in elementary schools to improve students’ science process skills. Journal of Turkish Science Education, 17(2), 289–301. https://doi.org/10.36681/TUSED.2020.27

Simatwa, E. M. W. (2010). Piaget’s theory of intellectual development and its implication for instructional management at presecondary school level. Educational Research and Reviews, 5(7), 366–371.

Published
2022-12-12
How to Cite
Yunaini, N., & Yuyun Winingsih, D. (2022). Implikasi Perkembangan Kognitif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cendekiawan, 4(2), 78-86. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.257
Section
Articles