Penerapan Metode PAIKEM dalam Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Ketentuan Sholat di Sekolah Dasar

  • Andar Susilawati Guru Pendidikan Agama Islam SD Negeri 6 Tempilang
Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar, Penerapan Metode PAIKEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan belajar PAI pada siswa kelas IV SD Negeri 6 Tempilang. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil  pembelajaran PAI yang masih dibawah standar ketuntasan. Hal ini yang menyebabkan peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 4 Oktober 2018 sampai dengan 15 November 2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV berjumlah 20 orang, terdiri dari 11 siswa laki-laki, dan 9 siswa perempuan. Adapun data yang diperoleh pada tindakan perbaikan pembelajaran ini, yaitu sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata kelas hanya 69,25. Rincian siswa yang tuntas 8 orang dengan persentase menunjukkan  40%. Setelah dilakukan tindakan maka presentase belajar PAI pada SD Negeri 6 Tempilang cenderung meningkat. Siklus I siswa yang tuntas belajar mencapai 13 orang atau 65% dengan nilai rata-rata 75,7. Siklus II siswa yang tuntas mencapai 20 orang atau 100% dengan nilai rata-rata 83,5. Sedangkan untuk siswa yang belum tuntas juga mengalami penurunan. Pada tindakan Pra siklus yg belum tuntas berjumlah 12 orang dengan presentase 60%, Siklus I sebanyak 10 orang atau 50%. Pada Siklus II siswa yang belum  tuntas belajar sudah tidak ada lagi, terlihat dari presentasenya menunjukkan 0%. Dengan demikian peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas IV SD Negeri 6 Tempilang.

References

Akmal, S., & Susanti, E. (2019). Analisis Dampak Penggunaan Reward Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Muhammadiyah Aceh Singkil. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(2), 159–177.

Arrosyad, M. I., & Sugiarti, S. (2020). The Jejak Kebangkitan SD Muhammadiyah Tertua Dibumi Serumpun Sebalai. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1176

Ati, M. Q. (2016). Badrut Tamami Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jember Kondisi riil di masyarakat kita , masih kita temukan kendala dalam pembelajaran Al quran ini . Ada kecenderungan saat ini bahwa sebagian banyak umat Islam , menempatkan pembelajara. Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 27–33.

Aziz, A. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Islam Peningkatan Mutu, 10(2), 1–14.

Bagiarta, I. M. (2021). Penerapan Paikem untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(2), 285–293. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33268

Bahnan, R. (2019). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Kompetensi Dasar Menirukan Pembacaan Pantun Anak Di Kelas Iv Sd Negeri 26 Sungailiat. Cendekiawan, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.154

Bastomi, H. (2019). Pendidikan Pesantren Dalam Pandangan Kh. Ma’Shum Ahmad Lasem. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 177–200. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.2826

Dede Tika, Nugraha, M. F., & Pratiwi, A. S. (2021). Pengaruh Media Toker (Torso Kertas) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Sistem Pernapasan Manusia. Cendekiawan, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.194

Fatrima Santri Syafri. (2016). Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru SD/MI. (Yogyakarta: Ruko Jambu Sari, h. 32-33

Fatmah, A. N., Jumadi, O., & Junda, M. (2016). Pengaruh Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 1, 59–64.

Fuadi, Totok Sumaryanto, W. L. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotor Pembelajaran Ipa Materi Tumbuhan Hijau Kelas V Berbasis Kompetensi Pendekatan Sea Berwawasan Konservasi. Jurnal of Educational and Evaluation, 6(1), 10–18.

Hamzah. (2009). Hasil belajar. Jakarta. Universitas Terbuka.

Hasan. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Goup.

Hartono. Dkk. (201)2. PAIKEM. Jogjakarta : Zanafa Publising.

Hevitria, Yuanita, & Arsisari, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe Means Ends Analysis (Mea) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Cendekiawan, 3(2), 116–123. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.228

ISHAK. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Pengurangan Melalui Permainan Bowlingur Di Kelas Satu Sd Negeri 1 Pangkalpinang. Cendekiawan, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.153

Janattaka, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kauman 01 Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. PENA SD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 1(1), 27–36.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Kunci, K. (2016). Manajemen Pembelajaran Berwawasan Akhlak. Istinbath, 15(1), 155–167.

Lailiyah, I., & Ridlwan, B. (2020). Peran Wanita Karir Dalam Pendidikan Islam. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 8(2), 74–78. https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1151

Marinta, F. D., Khutobah, K., & Marjono, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Paikem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Bidang Studi Ips Pada Pokok Bahasan Jenis Dan Persebaran Sda Serta Pemanfaatannya Di Sdn Tempursari 01 tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi, 1(1), 44–47. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1033

Masitoh & Laksmi Dewi. (2009). Strategi Pembelajaran, Jakarta: Balai Pustaka.

Nur, A. (2013). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Weleri Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Weleri Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016 SKRIPSI, 53(9), 1689–1699.

Rachmawati, A., & Minsih. (2021). Belajar Bersama Alam Sebagai Bentuk Penerapan Ekoliterasi Pada Sekolah Alam. Cendekiawan, 3(2), 79–91. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.216

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group

Suparni, N. A. (2021). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Laundry Melalui Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PJBL). Journal of Education Action Research, 5(2), 294–300. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33531

Wirasa, W. (2015). Pembelajaran Menggunakan Pendekatan PAIKEM. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(4), 1–8. https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i4.3517

Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published
2022-06-30
How to Cite
Susilawati, A. (2022). Penerapan Metode PAIKEM dalam Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Ketentuan Sholat di Sekolah Dasar. Cendekiawan, 4(1), 32-42. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i1.251
Section
Articles