Penerapan Metode PAIKEM dalam Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Ketentuan Sholat di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan belajar PAI pada siswa kelas IV SD Negeri 6 Tempilang. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil pembelajaran PAI yang masih dibawah standar ketuntasan. Hal ini yang menyebabkan peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 4 Oktober 2018 sampai dengan 15 November 2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV berjumlah 20 orang, terdiri dari 11 siswa laki-laki, dan 9 siswa perempuan. Adapun data yang diperoleh pada tindakan perbaikan pembelajaran ini, yaitu sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata kelas hanya 69,25. Rincian siswa yang tuntas 8 orang dengan persentase menunjukkan 40%. Setelah dilakukan tindakan maka presentase belajar PAI pada SD Negeri 6 Tempilang cenderung meningkat. Siklus I siswa yang tuntas belajar mencapai 13 orang atau 65% dengan nilai rata-rata 75,7. Siklus II siswa yang tuntas mencapai 20 orang atau 100% dengan nilai rata-rata 83,5. Sedangkan untuk siswa yang belum tuntas juga mengalami penurunan. Pada tindakan Pra siklus yg belum tuntas berjumlah 12 orang dengan presentase 60%, Siklus I sebanyak 10 orang atau 50%. Pada Siklus II siswa yang belum tuntas belajar sudah tidak ada lagi, terlihat dari presentasenya menunjukkan 0%. Dengan demikian peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas IV SD Negeri 6 Tempilang.
References
Akmal, S., & Susanti, E. (2019). Analisis Dampak Penggunaan Reward Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Muhammadiyah Aceh Singkil. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(2), 159–177.
Arrosyad, M. I., & Sugiarti, S. (2020). The Jejak Kebangkitan SD Muhammadiyah Tertua Dibumi Serumpun Sebalai. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1176
Ati, M. Q. (2016). Badrut Tamami Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jember Kondisi riil di masyarakat kita , masih kita temukan kendala dalam pembelajaran Al quran ini . Ada kecenderungan saat ini bahwa sebagian banyak umat Islam , menempatkan pembelajara. Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1), 27–33.
Aziz, A. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Islam Peningkatan Mutu, 10(2), 1–14.
Bagiarta, I. M. (2021). Penerapan Paikem untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(2), 285–293. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33268
Bahnan, R. (2019). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Kompetensi Dasar Menirukan Pembacaan Pantun Anak Di Kelas Iv Sd Negeri 26 Sungailiat. Cendekiawan, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.154
Bastomi, H. (2019). Pendidikan Pesantren Dalam Pandangan Kh. Ma’Shum Ahmad Lasem. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 177–200. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.2826
Dede Tika, Nugraha, M. F., & Pratiwi, A. S. (2021). Pengaruh Media Toker (Torso Kertas) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Sistem Pernapasan Manusia. Cendekiawan, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.194
Fatrima Santri Syafri. (2016). Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru SD/MI. (Yogyakarta: Ruko Jambu Sari, h. 32-33
Fatmah, A. N., Jumadi, O., & Junda, M. (2016). Pengaruh Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 1, 59–64.
Fuadi, Totok Sumaryanto, W. L. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotor Pembelajaran Ipa Materi Tumbuhan Hijau Kelas V Berbasis Kompetensi Pendekatan Sea Berwawasan Konservasi. Jurnal of Educational and Evaluation, 6(1), 10–18.
Hamzah. (2009). Hasil belajar. Jakarta. Universitas Terbuka.
Hasan. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Goup.
Hartono. Dkk. (201)2. PAIKEM. Jogjakarta : Zanafa Publising.
Hevitria, Yuanita, & Arsisari, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe Means Ends Analysis (Mea) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Cendekiawan, 3(2), 116–123. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.228
ISHAK. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Pengurangan Melalui Permainan Bowlingur Di Kelas Satu Sd Negeri 1 Pangkalpinang. Cendekiawan, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.153
Janattaka, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kauman 01 Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. PENA SD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 1(1), 27–36.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada
Kunci, K. (2016). Manajemen Pembelajaran Berwawasan Akhlak. Istinbath, 15(1), 155–167.
Lailiyah, I., & Ridlwan, B. (2020). Peran Wanita Karir Dalam Pendidikan Islam. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 8(2), 74–78. https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1151
Marinta, F. D., Khutobah, K., & Marjono, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Paikem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Bidang Studi Ips Pada Pokok Bahasan Jenis Dan Persebaran Sda Serta Pemanfaatannya Di Sdn Tempursari 01 tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi, 1(1), 44–47. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1033
Masitoh & Laksmi Dewi. (2009). Strategi Pembelajaran, Jakarta: Balai Pustaka.
Nur, A. (2013). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Weleri Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Weleri Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016 SKRIPSI, 53(9), 1689–1699.
Rachmawati, A., & Minsih. (2021). Belajar Bersama Alam Sebagai Bentuk Penerapan Ekoliterasi Pada Sekolah Alam. Cendekiawan, 3(2), 79–91. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.216
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group
Suparni, N. A. (2021). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Laundry Melalui Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PJBL). Journal of Education Action Research, 5(2), 294–300. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33531
Wirasa, W. (2015). Pembelajaran Menggunakan Pendekatan PAIKEM. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(4), 1–8. https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i4.3517
Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2022 Andar Susilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Cendekiawan atau staff redaksinya. Penulis Utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.