Penerapan Bimbingan Belajar Mendisplinkan Siswa Sekolah Dasar

  • Isnaini Nur Anami Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Audrine Yohand Shalsa Bila Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Wahyu Indah Rachmawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Ananda Munifatul Olifiya Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Minsih Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Keywords: Tutoring, technique, discipline

Abstract

Disiplin sangat penting dimiliki oleh manusia untuk memunculkan nilai-nilai karakter yang baik lainnya. Penguatan nilai disiplin berdasarkan fakta banyak terjadinya perilaku menyimpang yang bertentangan dengan norma kedisiplinan.  Sebagai upaya pencegahan terjadinya perilaku menyimpang perlunya untuk penanaman nilai disiplin sejak sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan Bimbingan Belajar dalam upaya pendisiplinan siswa khususnya siswa sekolah dasar, bagaimana teknik pelaksanaan bimbingan belajar dalam upaya pendisiplinan siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitif. Teknik analisis data dengan penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi guru terhadap bagaimana pentingnya penerapan Bimbingan Belajar dalam upaya pendisiplinan siswa sekolah dasar setiap kelasnya serta pembiasaan yang dijadwalkan secara rutin 2) Teknik Pelaksanaan Bimbingan Belajar dalam upaya pendisiplinan siswa sekolah dasar dengan menggunakan teknik bimbingan belajar kelompok dan individu untuk mengurangi intensitas kejenuhan pada siswa dalam pelaksanaan bimbingan belajar.

References

Afifuddin. (2012). Perencanaan Pengajaran dalam Proses Pembelajaran. journal.unnes. 1(1), 75-86. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst

Ahmad Susanto. (2018). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah: Konsep, Teori dan Aplikasinya, Jakarta: Prenamedia Group

Alimaun, Imam. (2015). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar se-Daerah Binaan R. A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Amiruddin. (2016). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Andi thahir, B. h. (2014). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-utrujiyah Kota Malang. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 69, No 12 2014

Aqib, Zainal. (2012). Ikhitisar Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Bandung. Yrama

Arum. (2014). Kedisiplinan Belajar Siwa Kelas V SD Negeri 1 Parangtritis. Jurnal Kedisiplinan. Vol 25, No 10-11 2014.

Aulina, Choirun Nisak. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49.

Dirman, Cicih Juarsih.(2014). Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasnah. (2014). Upaya Mengembangkan Perilaku Sopan Melalui Pembiasaan Pada Anak Kelompok B1 Di TK Alkhairaat Tondo. Jurnal Bungamputi. Vol 2 No 9 2014.

Ima, B. A. B., Lokasi, A., & Penelitian, S. (2013). Pendapat ibu balita tentang manfaat hasil penyuluhan pemberian makanan balita.

Kurniasih, Imas. (2016). Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Lickona, Thomas. (2013). Educating for Cha- racter (Mendidik untuk Membentuk Karakter). Terj. oleh Juma Abdu Wama- ungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Meitri. (2016). Hubungan antara Kedisiplinan dengan hasil Belajar Siswa Kelas V Gugus Srikandi Semarang Barat. Jurnal Kedisiplinan Vol 44, No 7 2016.

Pambudi, Betania Natari. (2021). Keteladanan Guru dan Orang Tua Dalam Mendisiplinkan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring. Elementary Teacher Education, Faculty of Education: Universitas Pelita Harapan.

Rubiyanto, Rubino, dkk. (2008). Bimbingan konseling SD. Surakarta: Badan PenerbitF KIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Safitri, Titi. (2020). Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Bayung Lencir Sumatera Selatan, Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Samino dan Saring Marsudi (2013). Layanan Bimbingan Belajar. Penerbit Fairuz, Surakarta.

Santana. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar, Yogyakarta: IRCiSoD.

Saputri, Rose Andriyani. (2016). Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Skripsi. Jurusan PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yusuf Muhammad Al Hasan. (2012). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar. Bandung: Refika Aditama.

Published
2022-06-30
How to Cite
Isnaini Nur Anami, Bila, A. Y. S., Rachmawati, W. I., Olifiya, A. M., & Minsih. (2022). Penerapan Bimbingan Belajar Mendisplinkan Siswa Sekolah Dasar. Cendekiawan, 4(1), 22-31. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i1.244
Section
Articles