Pengaruh Strategi Inside Outside Circle terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas III SDN 1 Sungaiselan

  • Septi Amelia Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Vika Martahayu Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Fandi Nugroho Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
Keywords: PKN, Hasil Belajar, Strategi Inside Outside Circle

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar, penyampaian materi pembelajaran yang diterapkan oleh guru sekedar ceramah belum menerapkan strategi yang optimal, dan masih banyak siswa yang belum mencapai KKM. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas III SDN 1 Sungaiselan pada semester ganjil tahun 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di kelas III dengan jumlah sampel 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental Design, dengan Nonequivalent Control Groups Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sampel jenuh dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes, dan observasi. Teknik analisis dengan menggunakan uji t-test sample related (Polled varian) diperoleh nilai = 5,041 > = 2,011 artinya diterima dan ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi inside outside circle terhadap hasil belajar PKN siswa kelas III SDN 1 Sungaiselan.

References

Akden Simanihuruk, dkk. 2021. ‘Pengaruh Stategi Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Kelas IV SD Subsidi Swakarya T.A. 2020/2021’. Jurnal Sekolah PGSD FIP Unimed. 5 (2), hlm 26-32

Andriani, Yuli. 2017. Pengaruh Model Inside-Outside Circledidukung Media Realia terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifatsifat Cahaya Kelas V SDN Babadan 4 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 09 Hal. 1-9.

Barsihanor. 2016. ‘Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Bidang Studi IPS MI Darul Mujahidin’, Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 1 (2), hlm.22

Desy Anindia Rosyida. 2016. ‘Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan MI Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Berbasis Tradisi Pesantren’, Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 1 (2), hlm.68

Hertina. 2012. ‘Penerapan Strategi Pembelajaran Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Materi Mengenal Aktivitas Ekonomi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 024 Merangin Kecamatan Bangkinang Barat’, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Johanna Rindawati Sani Putranti. 2018. ‘Pengaruh Cooperative Tipe Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Perkalian Kelas III’, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya

Lestari, E.K & Yudhanegara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Maisaroh dan Rostrieningsih. 2010. ‘Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di Smk Negeri 1 Bogor’,. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 8 (2), hlm. 161.

Ricardo dan Rini Intansari Meilani. 2017. ‘Impek Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 2 (2), hlm. 193-194.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Perpustakaan Nasional

Sofiah. 2018. ‘Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Negeri 111/IX Jaluko Kabupaten Muaro Jambi,’ Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 11 (2), hlm. 91.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung

Sukmadewi, N., Mahadewi, L. P. P., & Yudiana, K. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (3), 190-199.

Sulastri, dkk. 2015. ‘Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya’, Jurnal Kreatif Tadulako Online. 92.

Yuyun Dwi Haryati. 2016. ‘Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Type Inside Outside Circle’, Jurnal Cakrawala Pendas. 2 (2), hlm. 98-99.

Published
2023-12-07
How to Cite
Amelia, S., Martahayu, V., & Nugroho, F. (2023). Pengaruh Strategi Inside Outside Circle terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas III SDN 1 Sungaiselan. Cendekiawan, 5(2), 107-115. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v5i2.238
Section
Articles