PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TIPE MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

  • Hevitria Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Yuanita Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Ayen Arsisari Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe MEA (Means Ends Analysis), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa, Siswa SD

Abstract

Dalam hal ini peneliti meneliti tentang pengaruh model pembelajaran berbasis masalah tipe means ends analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah tipe Means ends analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental desain. Adapun desainnya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 6 Pangkalpinang dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah tipe Means ends analysis (MEA) dan  model konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 6 Pangkalpinang yang berjumlah dua kelas, sampel dipilih dengan teknik pengambilan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas V SD yang terdiri dari kelas VA berjumlah 32 orang dan kelas V B berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis berbentuk uraian. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji pooled the variance diperoleh bahwa  = 7,865 >  = 1,694. Maka dapat disimpulkan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah tipe Means ends analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis di kelas V SD Negeri 6 Pangkalpinang.

References

Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan. In Perdana Publishing (Vol. 53, Issue 9).

Bangun, M., Kelas, D., & Sdn, I. V. (2020). Pengaruh teori van hiele terhadap prestasi belajar materi bangun datar kelas iv sdn cijoho. Cendekiawan, 2(2), 8–14. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.183

Danni, R., & Tauratiya, T. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 17–22. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1191

Dian Apriyant, Hamdah Siti Hamsanah Fitriani, C. P. R. (2020). Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sdn Serpong 1 Kota Tangerang Selatan. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 1–6.

Ekaputra, F. (2020). Efektivitas Laboratorium Virtual Kimia Berbasis Hypertext Markup Language 5 Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 6–16. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1201

Fuadi, Totok Sumaryanto, W. L. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotor Pembelajaran Ipa Materi Tumbuhan Hijau Kelas V Berbasis Kompetensi Pendekatan Sea Berwawasan Konservasi. Jurnal of Educational and Evaluation, 6(1), 10–18.

Hanum, F., Harahap, N. J., Hsb, E. R., Nirmala, M., Hasibuan, S., Labuhanbatu, U., Tinggi, P., & Globalisasi, E. (2020). Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(3), 33–36.

Harmita. (2004). Petunjuk Pelaksanaan Validasi Metode Dan Cara Perhitungannya. Majalah Ilmu Kefarmasian, 1(3), 117–135.

Hartati, S. (2019). A Efforts to Improve Student Learning Outcomes of Class IV of SD Negeri Seworan Inter-line Relations Material through Realistic Mathematics Education (RME) Approach with Concrete Media. Cendekiawan, 1(2), 28–42. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.164

Hernaeny, U., Afina, A., & Nusantari, D. O. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analisis ( MEA ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 127–134.

Ilmasari, F., & Alhadi, S. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kultur Sekolah Di Sd Muhammadiyah Sangonan 2. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(1), 19. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.677

Kpk, F. P. B., & Material, K. P. K. (2020). The Influence of Dakota Media and Activeness on Student Achievement in. Cendekiawan, 2(2), 95–103.

Lestariningsih, W., & Muafa, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning Dan Small Group Discussion Terhadap Nilai Mahasiswa Materi Mekatronik. Teknika: Engineering and Sains Journal, 2(1), 67–72. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika/article/view/216

Muriyanto, M. (2019). The Constraints in Teaching Islamic Education in Class. Cendekiawan, 1(2), 16–27. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.159

Noviyanti, D., Siswanah, E., & Fitriani, U. (2019). Efektivitas Strategi Pembelajaran Means Ends Analysis ( Mea ) Terhadap. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 9(1), 10–19.

Sakinah, E., Abdul, D., & Lidinillah, M. (2018). Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penggunaan Model Means Ends Analysis ( MEA ) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 149–156.

Shinta Nur Baeti, A. B. dan E. S. J. (2014). Pembelajaran Berbasis Praktikum Bervisi Sets Dan Penguasaan Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(1), 1260–1270.

Shofa, H., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis role playing games (RPG) pada materi lingkaran untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 151–164. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15048

Syifa’ana, S. W., & Ramdhani, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 263. https://doi.org/10.30738/union.v7i2.4539

Trisnawati, D. (2013). Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya pada Kelas IV di SD Negeri Godean 2 Sleman Yogyakarta. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Published
2021-12-30
How to Cite
Hevitria, Yuanita, & Arsisari, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TIPE MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Cendekiawan, 3(2), 116-123. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.228
Section
Articles