BAGAIMANA NUMBERED HEADS TOGETHER DAPAT MEMOTIVASI DAN MEMENUHI KEMAMPUAN MINIMUM LITERASI MEMBACA

  • Putri Handayani Kholidi Pendidikan Guru Sekolah Dasar niversitas Negeri Semarang
Keywords: Literasi Membaca, Model Numbered Heads Together

Abstract

Data menunjukkan bahwa kemampuan literasi membaca Indonesia tidak jauh berbeda dengan PISA. Secara keseluruhan, di antara 61 negara peserta survei, literasi membaca Indonesia menempati urutan ke-60 dalam hal literasi membaca. Menurut hasil Program Evaluasi Nasional Indonesia 2016 yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, data menunjukkan bahwa rata-rata nasional sebaran literasi membaca siswa Indonesia adalah 46,83%. Hanya 6 0,06% termasuk kategori baik dan 47,11 termasuk kategori cukup. Hal ini mendorong peneliti dan pendidik untuk menggali metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca minimal. Penelitian ini akan fokus pada bagaimana metode numbering dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian mendalam terhadap literatur-literatur terkait dengan numbered heads together yang diterbitkan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Temuan utama dari penelitian ini adalah berkumpulnya sejumlah orang secara bersama-sama dapat merangsang semangat peserta didik, karena dapat meningkatkan kerjasama  dan memberikan kesempatan untuk berbagi ide dan mempertimbangkan jawaban yang benar.

References

Andira, T., Santoso, B., & Yusup, M. (2018). Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching ditinjau dari kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi bangun datar segiempat Applying of reciprocal teaching learning model viewed from students ’ mathematical reasoning on quadrilateral mat. Pythagoras, 13(1), 88–98.

Arifian, F. D. (2018). SKETSA KONSEP LITERASI MODERN. 30 Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(10), 27–38.

Arka, I. W. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Kompetensi. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan …, 4(2). http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/article/view/792

Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2020). Development of Variations in Greetings Before and After Learning the Moral Character of Students in Elementary Schools. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12(2), 89. https://doi.org/10.30595/dinamika.v12i2.8233

Azizah, N., & Sujana, A. (2016). Penerapan Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 491–500.

Busroli, A. (2019). Pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam al-Ghazali dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(2), 236–251. https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.5583

Corebima, A. D., Susilo, H., & Nursyamsi. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together ( Nht ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(10), 1993–1998.

Dian, R., Putri, P., & Siregar, V. V. (2021). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Teori Konstruktivisme. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 1–15.

Ekaputra, F. (2020). Efektivitas Laboratorium Virtual Kimia Berbasis Hypertext Markup Language 5 Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 6–16. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1201

Fahmawati, F., Rusdi, R., & Komala, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 55–62. https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi/article/view/17606

Fazrul Sandi Purnomo, S. K. A. (2019). Penerapan Pola Pembelajaran Di SD IT Al Bina Pangkalpinang. Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Flash Pada Mata Pelajaran Menggunakan Listrik Di SMKN 5 Padang, 7(1), 42–46.

Handayani, F. (2020). Building Students ’ Critical Thinking Skills through STEM-Based Digital Literacy during the Pandemic Period Covid 19. Cendekiawan, 2(2), 69–74. https://doi.org/https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184

Handayani, F. (2020).Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Literasi Digital Berbasis STEM Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Cendekiawan, 2(2), 83-87. Diambil dari https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184

Huninhatu, A. F., Pudjiastuti, S. R., & Sutisna, M. (2021). Pengembangan Model Numbered Heads Together Secara Daring dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Pancasila dan Pembentukan Karakter Disiplin. Jurnal Citizenship Virtues, 1(1), 35–41. https://doi.org/10.37640/jcv.v1i1.914

Ilmasari, F., & Alhadi, S. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kultur Sekolah Di Sd Muhammadiyah Sangonan 2. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(1), 19. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.677

Khoirurrosyidin. (2015). Pendidikan Karakter Melalui Pemahaman Media Literacy. Jurnal Aristo, 3(1), 49–61.

Kuncahyono, K. (2017). Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 773. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.773-780

Leu, B. (2020). Pembelajaran Tahsin Tilawah Al-Quran Untuk Pembaca Pemula. Ilmuna, 2(2), 134–154. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilmuna/article/view/159

Maman, M, & Rajab Aryani, A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model Number Heads Together (NHT) in Improving the Student’s Ability in Reading Comprehension . International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) , 5(2), 174-180. Diambil dari : http://iaesjournal.com/online/index.php/IJERE

Muntari, L. (2016). Pengembangan bahan ajar membaca Bahasa Indonesia untuk kelas V SD dengan Model Dick dan Carey. Media Didaktika, 2(2), 175–182.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurna Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Purnomo, F. S., & Arafatun, S. K. (2020). Penerapan Pola Pembelajaran Di SD IT Al Bina Pangkalpinang. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 42–46. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1180

Putra, A., Tobing, H., Rahajeng, O., & Yuhan, R. (2019). The Indonesian Journal of Social Studies. The Indonesian Journal of Social Studies, 2(2), 37–45. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpips/article/view/8508/4156

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rifqi, H. (2016). Analisis Semiotika Logo Bank Nagari Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rofiah, A. (2019). Implementasi Program Pendidikan Karakter Dan Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Membentuk Sikap Kemandirian Belajar Siswa Di Sdn Percobaan 2 Dan Sd Muhammadiyah Sapen. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 172–180. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.310

Ruhaena, L. (2015). Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasi Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi, 42(1), 47. https://doi.org/10.22146/jpsi.6942

Siswa, P. K., Siswa, P. K., & Pendidikan, G. P. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968

Supriyanto, W., & Iswandiri, R. (2017). Kecendurungan Sivitas Akademika Dalam Memilih Sumber Referensi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 79–86.

Suspahariati, & Susilawati, R. (2020). Penerapan Sistem WFH ( Work From Home ) dan Dampaknya terhadap Kinerja Staf dan Dosen Unipdu Jombang selama Pandemi Covid-19 Pendahuluan Perubahan-perubahan dari tahun ke tahun kerap dirasakan masyarakat dengan berbagai faktor penyebab . Pada awal 2020 ,. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(2), 229–240.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning (Theory, Research, and Practice). Bandung: Nusa Media.

Ulya, N. M. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.1.867

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tentang Pendidikan Tinggi. (2012). Jakarta: Kemdikbud.

Valencia, S. W., Place, N. A., Martin, S. D., & Grossman, P. L. (2006). Curriculum materials for elementary reading: Shackles and scaffolds for four beginning teachers. Elementary School Journal, 107(1), 93–120. https://doi.org/10.1086/509528

Wardani, C. K., & Siswanto, S. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2), 89–96. https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10312

Yanti, W. A., & Sriyati, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Kemampuan Siswa Mengajukan Pertanyaan Pada Tema Pemanasan Global. Edusains, 9(1), 24–33. https://doi.org/10.15408/es.v9i1.1982

Zonalisa Fhatri. (2019). Perspektif Orangtua Terhadap Anak Autisme dan Peranannya Dalam Terapi ( Studi Kasus PLA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ). Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 154–169.

Published
2021-12-30
How to Cite
Kholidi, P. H. (2021). BAGAIMANA NUMBERED HEADS TOGETHER DAPAT MEMOTIVASI DAN MEMENUHI KEMAMPUAN MINIMUM LITERASI MEMBACA. Cendekiawan, 3(2), 106-115. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.223
Section
Articles