PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN PRAKTIKUM SEDERHANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS V SD

  • Sendi Debiyanto Sutardi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Budi Hendrawan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-5797-4362
  • Anggia Suci Pratiwi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Group Investigation, Praktikum Sederhana, Prestasi Belajar, Pembelajaran IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan praktikum sederhana terhadap prestasi belajar siswa materi suhu dan kalor di kelas V SDN 3 Cibalong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Cibalong dengan populasi siswa kelas V SDN 3 Cibalong yang berjumlah 28 orang. Sampel yang digunakan adalah total sampling dengan pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pretest dan posttest kemudian data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 25, diperoleh sig. (2-tailed) 0,004, sehingga sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,004 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dan H_0 ditolak. Untuk t hitung yang diperoleh yaitu 3,203 yang berada pada wilayah yang positif. Dengan demikian 3,203 > 2,05553 sehingga H_0 ditolak. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 88,29 dan nilai rata-rata kelas  kontrol yaitu 81,43. Sehingga 88,29 > 81,43. Maka model pembelajaran Group Investigation berbantuan praktikum sederhana berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 3 Cibalong pada materi suhu dan kalor mata pelajaran IPA.

References

Ariadi, I. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation ( GI ) Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. ejournal.undiksha.ac.id

Busroli, A. (2019). Pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam al-Ghazali dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(2), 236–251. https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.5583

Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Analisis Kesan Program Pelatihan dan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Hartati, S. (2019). A Efforts to Improve Student Learning Outcomes of Class IV of SD Negeri Seworan Inter-line Relations Material through Realistic Mathematics Education (RME) Approach with Concrete Media. Cendekiawan, 1(2), 28–42. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.164

Kpk, F. P. B., & Material, K. P. K. (2020). The Influence of Dakota Media and Activeness on Student Achievement in. Cendekiawan, 2(2), 95–103.

Lestariningsih, W., & Muafa, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning Dan Small Group Discussion Terhadap Nilai Mahasiswa Materi Mekatronik. Teknika: Engineering and Sains Journal, 2(1), 67–72. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika/article/view/216

Magnatis, U. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri 7 Sungailiat Mata Pelajaran Matematika Tentang Operasi Hitung Campuran Melalui Metode Demonstrasi. Cendekiawan, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.155

Muliyantini, P., & Parmiti, D. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 91. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10143

Mulyantini. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V, Vol. 1, No.2

Noorhansyah, M., & Pratomo, A. (2016). Penerapan Model Customer Relationship Management Pada Metodologi Fast (Studi Kasus : Pengembangan Portal Akademik Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin). Jurnal POSITIF, I(2), 25–32.

Prabasari, B., & Subowo. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 549–558. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Risthantri, P., & Sudrajat, A. (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Ketaatan Beribadah Dengan Perilaku Sopan Santun Peserta Didik Relationship Between Parenting Parents and Worship Obedience With Good Manners for Junior High School Students. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 191–202.

Rozie, F. (2013). Pengembangan Media Video Pembelajaran Daur Air untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sains, 1(4), 414.

Sa’diyah. 2019. Prestasi Belajar. Pamekasan: Literasi Nusantara.

Shinta Nur Baeti, A. B. dan E. S. J. (2014). Pembelajaran Berbasis Praktikum Bervisi Sets Dan Penguasaan Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(1), 1260–1270.

Sugiyono 2016, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv.

Susanto. 2013. Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Yeni Suryaningsih. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49–57.

Published
2021-12-30
How to Cite
Debiyanto Sutardi, S., Hendrawan, B., & Pratiwi, A. S. (2021). PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN PRAKTIKUM SEDERHANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS V SD. Cendekiawan, 3(2), 92-105. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.221
Section
Articles