Implementasi Trilogi Kepemimpinan dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Taman Muda Jetis Yogyakarta

  • jonata Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Lesta Septia Sari PGMI Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Veni Veronica Siregar PGMI Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Trilogi kepemimpinan, milai-nilai karakter, budaya sekolah

Abstract

Ajaran Ki Hajar Dewantara yaitu Trilogi Kepemimpinan dapat diterapkan untuk mewujudkan nilai-nilai karakter melalui budaya sekolah dengan baik. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder seperti halnya penelitian kualitatif Data primer yang digunakan peneliti adalah kepala sekolah, guru, TU, dan siswa. Berkaitan dengan jumlah sample yang digunakan, penelitian ini menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran pamong dalam implementasi konsep trilogi kepemimpinan cukup baik dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter melalui budaya sekolah di SD Tamansiswa Jetis seperti budaya disiplin, budaya saling percaya, budaya kerja sama, budaya jujur, budaya membaca, budaya bersih, budaya berprestasi dan budaya memberi penghargaan. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi trilogi kepemimpinan dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter melalui budaya sekolah di SD Tamansiswa Jetis dijabarkan dalam dua hal a) Faktor pendukung pembiasaan dan keteladanan serta visi dan misi sekolah, adanya kerja sama dan komunikasi yang terbuka pada warga sekolah dalam berbagai kegiatan sekolah., b) Faktor penghambat belum semua warga sekolah dapat mengikuti nilai-nilai karakter yang ada dan belum ada program secara tertulis.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Agus Wibowo. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Abdul Majid & Dian Andayani. (2013). Pendidikan Karakter Persepektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abdul Majid. (2014). Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Interes Media.

Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto dan Suharimi Darmiatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dewantara. (2011). Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta. Majelis Lihur Persatuan.

E. Mulyasa. (2008). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Heri Gunawan. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Jamal Ma’mur Asmani. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Lilik Nugroho, (2017), Implementasi Trilogi Kepemimpinan Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Di Sd Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta, Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 3 Vol. VI, hal. 205-214.

Muchlas Samani dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Muhammad Iqbal, Niswanto, S. I. (2017). Budaya Organisasi Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Sma Negeri 1 Kota Lhokseumawe. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 6(4), 234–241.

Mulasari, M. R., Wulandari, I. G. A. A., & Putra, M. (2020). Model Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 358–366.

Nisa Awaliyah, Nugraha, M. F., & Hendrawan, B. (2021). Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Tema 7 Subtema 2 Di Indonesia. Cendekiawan, 3(2), 124–133. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.205

Novan Ardy Wiyani. (201)2. Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Lexy Moleong. (2013). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Lickona. Thomas. (2013). Education For Character. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Sudarwan Danim. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitaf dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekata Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penilitian Kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarjo Adisusilo. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Perpustakan Nasional (KDT).

Undang-Undang SISDIKNAS. (2008). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional RI No. 20 Tahun 2013. Jakarta: Sinar Grafika.

Zamroni. (2011). Kultur Sekolah. Yogyakarta: Gavin

Zainal Aqib. (2012). Pendidikan Karakter di Sekolah Membangun Karakter dan Kepribadian Anak. Bandung: Yrama Widya.

Published
2022-06-30
How to Cite
jonata, Sari, L. S., & Siregar, V. V. (2022). Implementasi Trilogi Kepemimpinan dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Taman Muda Jetis Yogyakarta. Cendekiawan, 4(1), 1-11. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i1.217
Section
Articles