BELAJAR BERSAMA ALAM SEBAGAI BENTUK PENERAPAN EKOLITERASI PADA SEKOLAH ALAM

Keywords: Learning with Nature, Ecoliteration, School of Nature

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan tahapan pembelajaran di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. 2) Menjelaskan tahapan Belajar Bersama Alam sebagai bentuk penerapan ekoliterasi di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. 3) Menjelaskan peran guru dalam pelaksanaan Belajar Bersama Alam sebagai bentuk penerapan ekoliterasi di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. 4) Menjelaskan kendala pelaksanaan Belajar Bersama Alam sebagai bentuk penerapan ekoliterasi di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan dari peneliatian yang sudah dilakukan diperoleh hasil: a) Tahapan proses pembelajaran yang dilakukan di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta dimulai dari Tahap Perencanaan, Tahap Pelaksanaan, Tahap Evaluasi, dan Tahap Tindak Lanjut. b) Tahapan Belajar diawali dari tahap perencanaan. Kedua, tahap pelaksanaan yaitu peserta didik langsung terjun ke alam secara langsung. Ketiga, tahap evaluasi, dan keempat yaitu tahap tindak lanjut. c) Peran guru dalam pelaksanaan Belajar Bersama Alam salah satunya sebagai rolle model , yaitu guru memberikan suri tauladan dan akhlaq yang baik d) Kendala dalam pelaksanaan Belajar Bersama Alam sebagai bentuk penerapan ekoliterasi di sekolah alam yaitu salah satunya faktor cuaca dan minimnya laboratorium alam di lingkup sekolah.

References

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP, 1(2), 165–174.

Ainiyah Nur. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Fatiihudin, D., & Holisin, I. (2011). Cara Praktis Memahami Penulisan Karya Ilmiah, Artikel Ilmiah & Hasil Penelitian Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Unit Penerbit Dan Percetakan.

Hidayat, D. (2019). Penerapan Konsep Pendidikan Sekolah Alam Sebagai Upaya Mewujudkan Child Friendly School. The 9th University Research Colloquium.

Husnun, R. N., & Minsih. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dalam Proses Pembelajaran di SD Alam Harapan Kita Kabupaten Klaten. Harapan Kita Kabupaten Klaten. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 6.

Ikhsan, A. S. S., & Ruslan, R. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sd Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–12.

Juhji. (2016). Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Bidang Kependidikan, 10(01), 52–62.

Kamelia, D., Nurillah, Siti Uzlifatul Jannah, & Pratiwi, Y. W. (2020). Pengembangan Kurikulum PAUD Berbasis Alam. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02, 42–47.

Kulnieks. (2013). Eco-Literacy Development through a Framework for Indigenous and Environmental Educational Leadership. Canadian Journal of Environmental Education, 18, 111–125.

Lutvaidah, U. (2015). Pengaruh Metode Dan Pendekatan Pembelajaran Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Formatif, 5(3), 279–285.

M. Khusniati. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Indonesian Journal of Science Education, 1(2), 206–207.

Minsih, & Galih, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pnedidikan Dasar, 5(1), 20–27.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurna Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Noviana, E., Supentri, S., Hidayati, R., & Huda, M. N. (2018). Why Do Students Need to Establish Ecoliteracy? Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 1(2), 69. https://doi.org/10.33578/jtlee.v1i2.5874

Putri, S. S., Japar, M., & Bagaskorowati, R. (2019). Increasing ecoliteracy and student creativity in waste utilization. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 255–264. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.18901

Raco.J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Grasindo.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium, 5(9), 1–8.

Rahmatin, E. (2011). Model Pembelajaran Sekolah Alam Ungaran (SAUNG) Desa Lorog Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Ritonga, H. I. (2020). Sahabat Alam Bercerita “Kegiatan Belajar di Sekolah Alam.” Guepedia The Fisrt On-PublisherIin Indonesia.

Rusmana & Akbar. (2017). Pembelajaran Ekoliterasi Berbasis Proyek Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(1), 1–12.

Sulthan, D. (2019). Penerapan Prinsip-Prinsip Arsitektur Ekologis Pada Desain Sekolah Alam Di Kota Bogor. Jurnal SENTHONG 2019, 2(1), 323–332.

Sunanik. (2018). Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Anak Usia Dini Di Tk Alam Al Azhar Kutai Kartanegara. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(Nomor 1), 81–110.

Yuliani, W., & Supriyanto. (2019). Strategi Pembinaan Karakter Cinta Lingkungan Di Tk Alam Al Ghifari Blitar. Jurnal Mahasiswa, 7(1), 1–10.

Published
2021-12-29
How to Cite
Rachmawati, A., & Minsih. (2021). BELAJAR BERSAMA ALAM SEBAGAI BENTUK PENERAPAN EKOLITERASI PADA SEKOLAH ALAM . Cendekiawan, 3(2), 79-91. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.216
Section
Articles