PERAN ORANGTUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19

Keywords: the role of parents, online learning, the covid-19 pandemic, Peran Orangtua

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui peran orangtua dalam pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19. Penelitian  ini mengambil sampel 27 orang sebagai wali murid kelas 3A SD Negeri 1 Panunggalan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan instrument skala liters berupa angket yang terdiri dari 28 pertanyaan dan berisikan 14 pertanyaan yang negatif dan 14 pertanyaan yang positif. Hasil dari penelitian ini orangtua yang merasa sangat setuju pembelajaran di rumah dapat membantu anak dalam belajar selama pandemic covid 19 sebanyak 5 responden atau 18,52%, orangtua memberikan motivasi kepada anak selama pembelajaran berlangsung di rumah sebanyak 5 responden atau 18,52%, orangtua merasa lebih mudah mengerjakan pekerjaan rumah jika anak belajar di sekolah sebanyak 9 responden atau 33,33%, dan orangtua merasa senang kepada guru yang selalu memberikan tugas kepada anak sebanyak 10 responden atau 37,04%. Sedangkan untuk pernyataan yang negative, orangtua cenderung tidak setuju terhadap pembelajaran yang dilakukan dirumah. Hasil dari pernyataan negative yaitu pembelajaran di sekolah kurang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran anak sebanyak 23 responden atau 85,18%, orangtua tidak pernah memberikan motivasi selama anak belajar di rumah sebanyak 22 responden atau 81,48%, dan orangtua tidak pernah membantu anak belajar sebanyak 21 responden atau 77,78%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran di rumah tidak jauh lebih baik daripada pembelajaran di sekolah.

References

Arrosyad, M. I., Nuriani, W., & ... (2021). Pelatihan Pengembangan Potensi UMKM Dodol Singkong Desa Renggiang di Masa Pandemi Covid 19. JCSE: Journal of …, 2(1), 1–8. http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jcse/article/view/748

Divayana, D. G. H. (2017). Evaluasi Pemanfaatan E-Learning di Universitas Teknologi Indonesia Menggunakan Model CSE-UCLA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 280–289. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.12853

Fhatri, Z. (2020). Intervensi Latihan Sensori Motorik Dalam Pengembangan Kinestetik Anak Autis. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 23–36. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1184

Handayani, F. (2020a). Building Students ’ Critical Thinking Skills through STEM-Based Digital Literacy during the Pandemic Period Covid 19. Cendekiawan, 2(2), 69–74.

Handayani, F. (2020b). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Literasi Digital Berbasis STEM pada Masa Pandemik Covid 19. Cendekiawan, 2(2), 69–72. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184

Handayani, R. (2020). Multi Peran Wanita Karir Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 04(1), 1–10.

Jannet, H. (2015). Pendidikan Agama Dalam Kultur Sekolah Demokratis: Potensi Membumikan Deradikalisasi Agama Di Sekolah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 23(1), 51. https://doi.org/10.21580/ws.2015.23.1.223

Kuncahyono, K. (2017). Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 773. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.773-780

Lailiyah, I., & Ridlwan, B. (2020). Peran Wanita Karir Dalam Pendidikan Islam. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 8(2), 74–78. https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1151

Lyimo, N. S., Too, J. K., & Kipng’etich, K. J. (2017). Perception of teachers on availability of instructional materials and physical facilities in secondary schools of Arusha District, Tanzania. International Journal of Educational Policy Research and Review, 4(5), 103–112.

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. Jati Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26

Prastyo, E., & Nuswantari, S. (2020). Learning Thematic Covid-19 With SETS Vision Integrated Local Wisdom For Elementary School. Cendekiawan, 2(1), 20–27. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.173

Rifqi, H. (2016). Analisis Semiotika Logo Bank Nagari Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Risthantri, P., & Sudrajat, A. (2015). Relationship Between Parenting Parents and Obedience to Worship With Students' Polite Behavior Relationship Between Parenting Parents and Worship Obedience With Good Manners for Junior High School Students. Social Harmony: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 191–202.

Rudini, R. (2020). Aktualisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa Di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47–60. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1185

Siregar, F. R. (2018). Nilai-Nilai Budaya Sekolah dalam Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 1(1), 129–139. https://doi.org/10.24952/gender.v1i1.777

Sugiono. (2015). Analisis Penyediaan dan Penggunaan Modal Kerja UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dalam Meningkatkan Laba Usaha pada KUB (Kelompok Usaha Besama) Alam Lestari Depok. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis.

Surur, A. M. (2018). Upaya Menanamkan Nilai Religius Siswa Di Man Kediri 1 Kota Kediri Dengan Ekstrakurikuler Keagaman Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 42–51. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-03

Suspahariati, & Susilawati, R. (2020). Penerapan Sistem WFH (Work From Home) dan Dampaknya terhadap Kinerja Staf dan Dosen Unipdu Jombang selama Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(2), 229–240.

Published
2021-06-30
Section
Articles