PENGARUH MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM TEMA 7 SUBTEMA 2 DI INDONESIA

Keywords: Quartet card learning method, learning achievement

Abstract

Berdasarkan masalah pada proses pembelajaran tersebut maka melalui penerapan media pembelajaran kartu kuartet diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi gaya kelas IV SDN 1 Linggawangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, desain yang digunakan quasi experimental dengan one-group pretest-posttest. Penelitian dilakukan di SDN 1 Linggawangi dengan populasi 20 orang siswa denga menggunakan sampel jenuh dengan membagi siswa kedalam dua kelas yaitu kelas kontrol sepuluh siswa dan kelas eksperimen sepuluh siswa. teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara tidak tersetruktur, dokumentasi, nilai. validitas instrumen peneliti melakukan expert judgement. Hasil yang didapat Pada siswa kelas eksperimen saat proses pembelajaran berlangsung siswa menjadi fokus dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dan berpengaruh pada prestasi belajar siswa dengan hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata posttest dengan adanya peningkatan lebih besar dari kelas kontrol yaitu 83,5 > 61,5.

Author Biographies

Mohammad Fahmi Nugraha, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muammadiyah Tasikmalaya

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Budi Hendrawan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muammadiyah Tasikmalaya

Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muammadiyah Tasikmalaya

References

Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Andi Prastowo. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrahman, M dan Sulistyorini. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Ai Parihah, M. Fahmi Nugraha, A. S. P. (2020). The Effect of the Chain Writing Method on the Writing Skills of Class V Elementary School Students. Cendekiawan, 2(2), 83–87. Cendekiawan.unmuhbabel.ac.id

Aini, F. N. (2018). Pengaruh Game Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 249–255.

Akmal, S., & Susanti, E. (2019). Analisis Dampak Penggunaan Reward Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Muhammadiyah Aceh Singkil. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(2), 159–177.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Fahmawati, F., Rusdi, R., & Komala, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 55–62. https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi/article/view/17606

iwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar the Development of Quartet Card Media in Learning Social Studies Elementary Schools. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 40–48. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992

Istiningsih. (2017). Empowerment of Teachers in Implementing Thematic Learning Method. Empowerment of Teachers in Implementing Thematic Learning Method, 8(3), 64–70.

Jalil, M. (2016). Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Refleksi Edukatika, 6(2), 130–137. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604

Karsono, Sujana, Y., Daryanto, J., & Yustinus, N. (2014). Penggunaan Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Pemahaman Keberagaman Seni Tradisi Nusantara Pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(April), 43–49.

Katolik, U., & Thomas, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Animasi pada Siswa Sekolah Dasar Linda Simanjuntak 1  , Patri Janson Silaban 2 , Anton Sitepu 3. Jurnal Basicedu, 5(5), 3559–3565.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336

Purwanti, D., . G., & Musadad, A. A. (2019). The Effect of Local-Based 2013 Curriculum Implementation on Students’ Environmental Awareness. International Journal of Educational Research Review, 4(1), 65–75. https://doi.org/10.24331/ijere.486241

Putri, I. S., Solih, S., & Handoyo, A. W. (2019). The Effectiveness of Cooperative Game Techniques to Improve Social Skills of State Elementary School Students 2 Curugbarang Pandeglang. Cendekiawan, 1(2), 51–60. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.168

Reni, Permana, R., & Nugraha, M. F. (2020). Pengaruh model pembelajaran savi dan tingkat kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa. Cendekiawan, 2(2), 88–94. https://doi.org/https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.186

Rozalia, Ferdiana, M. 2017. Hubungan Intensitas Pemanfaatan gadget dengan prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan SD, Vol. 5 No. 2, 722-731.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi, 2011. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, I. P., Sari, S. A., & Rahmayani, R. F. I. (2017). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 6 Banda Aceh Abstrak Pendahuluan Metode Penelitian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(1), 1–10.

Sasmita, S. (2017). Penggunaan Media Permainan Kartu Kwartet Pintar Sejarah (Kkps) Dalam Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X Ipa 7 Sma Negeri 1 Surakarta Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Artefak, 4(2), 119. https://doi.org/10.25157/ja.v4i2.905

Setyaningsih, E. (2015). Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Anatomi Hewan Pendidikan Biologi FKIP UMS Tahun 2011/2012 dan 2012/2013 Ditinjau dari Nilai Akhir Praktikum. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 21. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4150

Sugiyono, & Maryani, Y. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Trisnawati, D. (2013). Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya pada Kelas IV di SD Negeri Godean 2 Sleman Yogyakarta. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Published
2021-12-30
How to Cite
Nisa Awaliyah, Nugraha, M. F., & Hendrawan, B. (2021). PENGARUH MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM TEMA 7 SUBTEMA 2 DI INDONESIA. Cendekiawan, 3(2), 124-133. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.205
Section
Articles