PENGARUH MEDIA TOKER (TORSO KERTAS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media toker terhadap prestasi belajar materi sistem pernapasan pada manusia kelas V di SDN Cintawangi. Penelitian ini termasuk penelitian (quasi eksperimen design) menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Cintawangi yang mengumpulkan 20 siswa. Sampel diambil secara random sampling yang menghasilkan 10 siswa kelas eksperimen dan 10 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara tidak terstruktur dan tes. Berdasarkan penelitian yang diperoleh bahwa dengan menggunakan media toker (torso kertas) dapat memengaruhi prestasi belajar siswa materi sistem pernapasan pada manusia kelas V di SDN Cintawangi. Hal ini juga terlihat dari perbedaan antara rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 89 lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu sebesar 66.
References
Alwan., et. al. (2017). Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Jurnal EduFisika, Vol. 02, No. 01.
Amaliah, Rezeki. (2017). Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Pada Siswa Kelas Xi Sman 4 Bantimurung. Jurnal Dinamika. Vol.08 No.1, P-ISSN: 2087- 889 E-ISSN: 2503-4863.
Arsana, P., et. al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas IV SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD. Vol: 5, No: 2.
Ayuwardani, Rizki, Primadita. (2018). Pengaruh Informasi Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering. Jurnal Nominal. Volume VII, Nomor I.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranan Sangat Penting Dalam Tujuan Pembelajaran. Jogjakarta: Gavamedia.
Halawati, Firda. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Torso Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 2 No. 1, 11-20.
Hendrawan, Budi. (2016). Hubungan Antara Pengelolaan Kondisi Sosio Emosional dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Di Kelas Sekola Dasar. Naturalistic, Vol. 1 No. 1, 72-84.
Hendrawan, B., & Nugraha, M. F. (2020). The Influence Of Van Hiele ’ s Theory On The Achievement Of Learning Materials Learning Class IV Elementary Schools. Cendekiawan, 2(2), 73–82.
Irmansyah, Fiki, Bagus. (2015). Efektivitas Media Pembelajaran Model Torso Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. IV, No. 2.
Isnaini, M., et. al. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Torso Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Di Smp Negeri 19 Palembang. Jurnal Biota. Vol. 2 No. 1.
Kadir, Abdul. (2015). Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 8, No. 2.
Kusumaningrum, Citra N. & Syachruroji, A. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Ekspositori Pada Konsep Energi. JPSD. Vol. 2, No. 2. ISSN 2301-671X.
Nana, Darna., & Herlina, Erlin. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen. Volume 5, Nomor 1,P(Print)-Issn : 2355-6099, E(Online)-Issn : 2620-6188.
Prasanti, Ditha. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar. Vol. 6, No. 1.
Pratiwi, Noor, Komari. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, Volume 1, Nomor 2.
Samidi. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Team Heroic Leadership Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 29 Medan T.P 2013/ 2014. Jurnal EduTech. Vol 1, No 1.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana, Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tafonao, Talizaro. (2018). Pe ranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, P-ISSN 2549-1725, E-ISSN 2549-4163.
Yusuf, Febrianawati. (2018). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 7 No. 1, p-ISSN: 2088-6991 e-ISSN: 2548-8376.
Rahmawati, Oktavia P & Julianto. (2014). Penggunaan Media Torso Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. JPGSD.Volume 02, Nomor 02.
Qomari, Rohmad. (2009). Teknik Penelusuran Analisis Data Kuantitatif dalam Penelitian Kependidikan. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. Vol. 14, No. 3.
Copyright (c) 2021 Dede Tika, Mohammad Fahmi Nugraha, Anggia Suci Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Cendekiawan atau staff redaksinya. Penulis Utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.