INTERFERENSI BAHASA DAERAH KE DALAM BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai objek penelitian. Jenis interferensi yang terjadi dideskripsikan secara tekstual sesuai dengan objek penelitian yaitu jenis-jenis interferensi bahasa. Objek pada penelitian ini adalah karangan narasi siswa yang berfokus pada bentuk interferensi bahasa Daerah ke dalam bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penilitian kaulitatif. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan penugasan. Teknik observasi dan wawancara digunakan untuk mencari informasi mengenai keadaan sekolah, sedangkan teknik penugasan digunakan untuk mendapatkan sumber data tentang karangan narasi siswa. Sumber data berupa karangan narasi siswa tersebut kemudian dikumpulkan dan selanjutnya dianalisis. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan cara pandang dan dideskripsikan masing-masing menurut jenis interferensinya. Hasil analisis disajikan dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interferensi yang terjadi dalam karangan narasi siswa ini terdapat pada empat bidang linguistik, yaitu: fonologi, morfologi, leksikal, dan sintaksis. Interferensi yang terjadi pada bidang fonologi mencakup perubahan bunyi vokal sebanyak 8%. Pada morfologi terdiri atas interferensi pada afiksasi dan perulangan sebanyak 28%. Pada bidang leksikal, interferensi yang terjadi mencakup tiga kelas kata, yaitu: nomina, verba, dan adjektiva sebanyak 28%.
References
Astuti, P. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vi Sd Negeri 7 Sungailiat Kabupaten Bangka Tentang Perkembangan Sistem Administrasi Wilayah Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture. Cendekiawan, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.156
Atmazaki. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11(1), 1–11.
Bahnan, R. (2019). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Kompetensi Dasar Menirukan Pembacaan Pantun Anak Di Kelas Iv Sd Negeri 26 Sungailiat. Cendekiawan, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.154
Dadang. (2020). Analysis of the Application of Paragraph Exchange Technique in Writing Student Essays (Case Study in SD Negeri 4 Cipedes). Cendekiawan, 2(1), 28–40. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.175
El Karima, A. S. (2020). Interferensi Fonologis Bahasa Inggris dalam Video Youtube “Egyptian Woman Has A Serious Message for Obama.†Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 5(2), 107–115. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v5i2.345
Handayani, F. (2020). Building Students ’ Critical Thinking Skills through STEM-Based Digital Literacy during the Pandemic Period Covid 19. Cendekiawan, 2(2), 69–74. https://doi.org/https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184
Hanum, F., Harahap, N. J., Hsb, E. R., Nirmala, M., Hasibuan, S., Labuhanbatu, U., Tinggi, P., & Globalisasi, E. (2020). Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(3), 33–36.
Harfiani, Ri., & Setiawan, H. R. (2019). A Modification of Daily Learning Flow in Inclusive Education Programs. Cendekiawan, 1(2), 10–15. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.160
Heningtyas, M. A. (2014). Peran Pemerintah Dan Masyarakat Dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Nonformal (Studi Kasus: Eksistensi “Kampung Inggris†Kabupaten Kediri). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(2), 264–268.
Hidayat. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Izzuddin Palembang. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 5(2), 56–65.
Intania, H. B. dan. (2020). Interaksi Simbolik dan Imaji Religious dalam Membangun Citra Pondok Pesantren Nurul Jadid Hasan. ATTHULAB: Islamic Religion Teaching & Learning Journa, 5(1), 71–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/ath.v5i1.7317
Jahdiah, J. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Media Luar Ruang Di Kalimantan Selatan. GENTA BAHTERA: Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 4(2), 115–128. https://doi.org/10.47269/gb.v4i2.58
Kalfika, K. D., Wardani, A., Gosong, M., Artawan, G., & Ganesha, U. P. (2013). Sikap Bahasa Siswa Terhadap Bahasa Indonesia : Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Singaraja. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). file:///C:/Users/Dell/Documents/886-Article Text-2693-1-10-20151208 (2).pdf
Khoirun Nisa, I. S. (2017). Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Teks Terjemahan Mahasiswa. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(1), 1–13.
Li, S., Yamaguchi, S., & Takada, J. (2018). Understanding factors affecting primary school teachers ’ use of ICT for student-centered education in Mongolia. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology (IJEDICT), 14(1), 103–117. http://ijedict.dec.uwi.edu/viewarticle.php?id=2381
Muthmainnah, S. N. (2018). Gaya Mengajar Guru Pemula Dan Guru Profesional Dalam Pembelajaran Matematika Smp Di Klaten Teaching Styles of Novice Teachers and Professional Teachers of Mathematics in Junior Secondary School in Klaten. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3((2)), 202–216.
Nugraheni, A. S., & Syuhda, N. (2019). The Interference of Malay Language Towards Indonesian Language. Lingua Didaktika, 13(1), 11–25. https://doi.org/10.24036/ld.v13i1.31974
Putri, N. E., Widodo, M., & Suyanto, E. (2017). Interferensi Leksikal Bahasa Jawa ke dalam Bahasa Indonesia pada Karangan Siswa. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaranya), 2(3), 1–8.
Rofiah, A. (2019). Implementasi Program Pendidikan Karakter Dan Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Membentuk Sikap Kemandirian Belajar Siswa Di Sdn Percobaan 2 Dan Sd Muhammadiyah Sapen. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 172–180. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.310
Subiyatningsih, F. (2017). Sikap Bahasa Remaja: Kasus Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Rubrik “Deteksi†Jawa Pos. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(2), 147. https://doi.org/10.31503/madah.v7i2.424
Sukmawati, Nurhayati, & Iswary, E. (2013). Penggunaan Bahasa Indonesia pada Informasi Layanan Umum dan Layanan Niaga di Kota Ksendari. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(1), 3–4.
Susilowati, D. (2017). Aktualisasi Interferensi Bahasa Daerah Dalam Bertutur Kata Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(02), 64–65. https://doi.org/10.29040/jie.v1i02.149
Yusuf‎, E. B. (2016). Perkembangan dan Pemerolehan Bahasa Anak‎. Yin Yang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 11(01), 50. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/yinyang/article/view/826
Copyright (c) 2021 Agustin Noer Ovie, Anggia Suci Pratiwi, Meiliana Nurfitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Cendekiawan atau staff redaksinya. Penulis Utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.