INTERFERENSI BAHASA DAERAH KE DALAM BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA

  • Agustin Noer Ovie Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Anggia Suci Pratiwi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Meiliana Nurfitriani Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Keywords: narrative text, interference language

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai objek penelitian. Jenis interferensi yang terjadi dideskripsikan secara tekstual sesuai dengan objek penelitian yaitu jenis-jenis interferensi bahasa. Objek pada penelitian ini adalah karangan narasi siswa yang berfokus pada bentuk interferensi bahasa Daerah ke dalam bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penilitian kaulitatif. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan penugasan. Teknik observasi dan wawancara digunakan untuk mencari informasi mengenai keadaan sekolah, sedangkan teknik penugasan digunakan untuk mendapatkan sumber data tentang karangan narasi siswa. Sumber data berupa karangan narasi siswa tersebut kemudian dikumpulkan dan selanjutnya dianalisis. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan cara pandang dan dideskripsikan masing-masing menurut jenis interferensinya. Hasil analisis disajikan dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interferensi yang terjadi dalam karangan narasi siswa ini terdapat pada empat bidang linguistik, yaitu: fonologi, morfologi, leksikal, dan sintaksis. Interferensi yang terjadi pada bidang fonologi mencakup perubahan bunyi vokal sebanyak 8%. Pada morfologi terdiri atas interferensi pada afiksasi dan perulangan sebanyak 28%. Pada bidang leksikal, interferensi yang terjadi mencakup tiga kelas kata, yaitu: nomina, verba, dan adjektiva sebanyak 28%.

References

Astuti, P. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vi Sd Negeri 7 Sungailiat Kabupaten Bangka Tentang Perkembangan Sistem Administrasi Wilayah Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture. Cendekiawan, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.156

Atmazaki. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11(1), 1–11.

Bahnan, R. (2019). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Kompetensi Dasar Menirukan Pembacaan Pantun Anak Di Kelas Iv Sd Negeri 26 Sungailiat. Cendekiawan, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.154

Dadang. (2020). Analysis of the Application of Paragraph Exchange Technique in Writing Student Essays (Case Study in SD Negeri 4 Cipedes). Cendekiawan, 2(1), 28–40. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.175

El Karima, A. S. (2020). Interferensi Fonologis Bahasa Inggris dalam Video Youtube “Egyptian Woman Has A Serious Message for Obama.†Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 5(2), 107–115. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v5i2.345

Handayani, F. (2020). Building Students ’ Critical Thinking Skills through STEM-Based Digital Literacy during the Pandemic Period Covid 19. Cendekiawan, 2(2), 69–74. https://doi.org/https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184

Hanum, F., Harahap, N. J., Hsb, E. R., Nirmala, M., Hasibuan, S., Labuhanbatu, U., Tinggi, P., & Globalisasi, E. (2020). Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(3), 33–36.

Harfiani, Ri., & Setiawan, H. R. (2019). A Modification of Daily Learning Flow in Inclusive Education Programs. Cendekiawan, 1(2), 10–15. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.160

Heningtyas, M. A. (2014). Peran Pemerintah Dan Masyarakat Dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Nonformal (Studi Kasus: Eksistensi “Kampung Inggris†Kabupaten Kediri). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(2), 264–268.

Hidayat. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Izzuddin Palembang. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 5(2), 56–65.

Intania, H. B. dan. (2020). Interaksi Simbolik dan Imaji Religious dalam Membangun Citra Pondok Pesantren Nurul Jadid Hasan. ATTHULAB: Islamic Religion Teaching & Learning Journa, 5(1), 71–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/ath.v5i1.7317

Jahdiah, J. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Media Luar Ruang Di Kalimantan Selatan. GENTA BAHTERA: Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 4(2), 115–128. https://doi.org/10.47269/gb.v4i2.58

Kalfika, K. D., Wardani, A., Gosong, M., Artawan, G., & Ganesha, U. P. (2013). Sikap Bahasa Siswa Terhadap Bahasa Indonesia : Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Singaraja. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). file:///C:/Users/Dell/Documents/886-Article Text-2693-1-10-20151208 (2).pdf

Khoirun Nisa, I. S. (2017). Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Teks Terjemahan Mahasiswa. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(1), 1–13.

Li, S., Yamaguchi, S., & Takada, J. (2018). Understanding factors affecting primary school teachers ’ use of ICT for student-centered education in Mongolia. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology (IJEDICT), 14(1), 103–117. http://ijedict.dec.uwi.edu/viewarticle.php?id=2381

Muthmainnah, S. N. (2018). Gaya Mengajar Guru Pemula Dan Guru Profesional Dalam Pembelajaran Matematika Smp Di Klaten Teaching Styles of Novice Teachers and Professional Teachers of Mathematics in Junior Secondary School in Klaten. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3((2)), 202–216.

Nugraheni, A. S., & Syuhda, N. (2019). The Interference of Malay Language Towards Indonesian Language. Lingua Didaktika, 13(1), 11–25. https://doi.org/10.24036/ld.v13i1.31974

Putri, N. E., Widodo, M., & Suyanto, E. (2017). Interferensi Leksikal Bahasa Jawa ke dalam Bahasa Indonesia pada Karangan Siswa. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaranya), 2(3), 1–8.

Rofiah, A. (2019). Implementasi Program Pendidikan Karakter Dan Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Membentuk Sikap Kemandirian Belajar Siswa Di Sdn Percobaan 2 Dan Sd Muhammadiyah Sapen. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 172–180. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.310

Subiyatningsih, F. (2017). Sikap Bahasa Remaja: Kasus Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Rubrik “Deteksi†Jawa Pos. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(2), 147. https://doi.org/10.31503/madah.v7i2.424

Sukmawati, Nurhayati, & Iswary, E. (2013). Penggunaan Bahasa Indonesia pada Informasi Layanan Umum dan Layanan Niaga di Kota Ksendari. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(1), 3–4.

Susilowati, D. (2017). Aktualisasi Interferensi Bahasa Daerah Dalam Bertutur Kata Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(02), 64–65. https://doi.org/10.29040/jie.v1i02.149

Yusuf‎, E. B. (2016). Perkembangan dan Pemerolehan Bahasa Anak‎. Yin Yang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 11(01), 50. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/yinyang/article/view/826

Published
2021-12-29
How to Cite
Ovie, A. N., Pratiwi, A. S., & Nurfitriani, M. (2021). INTERFERENSI BAHASA DAERAH KE DALAM BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN NARASI SISWA. Cendekiawan, 3(2), 65-70. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.193
Section
Articles