The Development of Math Box Learning Media on multiple Calculating Operation materials in 3nd Class SDIT Idrisiyyah Tamansari

Pengembangan Media Pembelajaran Math Box pada Materi Konsep Operasi Hitung Perkalian di Kelas III SDIT Idrisiyyah Tamansari

  • Via Noerbaety Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Budi Hendrawan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Anggia Suci Pratiwi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Abstract

Pengembangan dan penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membuat sebuah produk pembelajaran yaitu math box. Selain itu, juga bertujuan mengetahui keefektifan bagi siswa dengan cara mengetahui kualitas media yang telah dikembangkan terlebih dahulu berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru dan penilaian oleh 14 orang siswa pada materi konsep operasi hitung perkalian. Metode yang dilakukan dalam penelitian yaitu Research and Development (RnD) menggunakan metode Bord and Gall  yang dikembangkan oleh Sugiyono. Pengembangan pada penelitian ini dilakukan sampai tahap uji coba produk.teknik pengumpulan data menggunakan angket yang ditujukan kepada para ahli serta teknik tes yaitu pretest dan postest. Dalam Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistika deskriftif yaitu dengan cara mendeskriftifkan data yang terkumpul. Hasil dari penelitian ini mengalami perubahan yang signuifikan, karena dapat dilihat dari hasil pretest dan postest. Nilai postest lebih bagus dengan rata-rata 89,42 sedangkan nilai rata-rata pretest yaitu 66,92.

References

Akmal, S., & Susanti, E. (2019). Analisis Dampak Penggunaan Reward Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Muhammadiyah Aceh Singkil. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(2), 159–177.

Bahnan, R. (2019). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Kompetensi Dasar Menirukan Pembacaan Pantun Anak Di Kelas Iv Sd Negeri 26 Sungailiat. Cendekiawan, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.154

Ekaputra, F. (2020). Efektivitas Laboratorium Virtual Kimia Berbasis Hypertext Markup Language 5 Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 6–16. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1201

Hartati, S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Seworan Materi Hubungan Antargaris melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Media Konkret. Cendekiawan, 1(2), 28–42. cendekiawan.unmuhbabel.ac.id

Hidayatullah, D. (2018). Bab Ii Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8–24.

Iii, K., Negeri, S. D., & Aceh, B. (2017). Analisis Kemandirian Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas Iii Sd Negeri 1 Banda Aceh. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 1(1), 70–81. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753

Jalil, M. (2016). Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Refleksi Edukatika, 6(2), 130–137. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604

Jumarudin, Gafur, A., & Suardiman, S. P. (2014). Developing a Humanist-Religious Learning Model for Character Building in Elementary Schools. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 114–129.

Kpk, F. P. B., & Material, K. P. K. (2020). The Influence of Dakota Media and Activeness on Student Achievement in. Cendekiawan, 2(2), 95–103.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336

Nugroho, F., & Iqbal Arrosyad, M. (2020). Moodle Multimedia Development in Web-based Integrative Thematic Learning for Class IV Elementary Students. Cendekiawan, 2(1), 49–63. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.177

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. [email protected] Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26

Rachama Putri Dinanti, Feri Ardiansah, R. (2020). Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Language Learning for Class V Elementary School Students. Cendekiawan, 2(2), 64–68. https://cendekiawan.unmuhbabel.ac.id/index.php/CENDEKIAWAN

Ratina. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Mata Pelajaran Ppkn Materi Keberagaman Anggota Keluarga Melalui Model Pembelajaran Interaktif. Cendekiawan, 1(1), 35–41. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.157

Reni, Permana, R., & Nugraha, M. F. (2020). Pengaruh model pembelajaran savi dan tingkat kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa. Cendekiawan, 2(2), 88–94. https://doi.org/https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.186

Tinah. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Tentang Luas Bangun Datar Dengan Media Puzbatar. Cendekiawan, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.152

Yudha, G. D. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Facebook Dalam Membangun E-Learning Dengan Metode Asynchronous Collaborative Learning Di Politeknik Cilacap. Esensi, 4(3), 103–122. https://doi.org/10.15408/ess.v4i3.2437

Yuliana, M., & Jamaluddin Ahmad. (2019). The Analysis of Expert Material Assessment Based on Project Based Learning. Cendekiawan, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.165

Published
2021-06-30
Section
Articles