Pengaruh Model Pembelajaran Savi dan Tingkat Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa

  • Reni Nuraeni Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Rahmat Permana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • M. Fahmi Nugraha Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Audiotory, Visual and Intellectual) terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV siswa kelas IV SDN 1 Setiamulya Kecamatan Tamansari. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan Factorial Experimental design (desain eksperimen faktorial). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 1 Setiamulya Kecamatan Tamansari. Sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 1 Setiamulya yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan post-test dan data dianalisis menggunakan SPSS versi 21. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analis data, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,793 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya kepercayaan diri siswa dapat mempengaruhi model SAVI (Somatis, Auditory, Visual and Intellectual) terhadap prestasi belajar siswa pada muatan IPA kelas IV SDN 1 Setiamulya.

References

Astuti, R., & Lesmana, O. P. A. (2018). Pengaruh Motivasi dan Beban Kerja terhadap Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Mitra Medika Medan. Jurnal Ilman.

Depdiknas. (2006). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2006. In Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order.

Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442

Koderi, K. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.24042/albayan.v10i01.2596

Kushendrahayu, K., Basuki, A., & Purwanto, E. (2015). Nilai kuat tekan, kuat tarik belah, dan kuat lentur pada beton beragregat kasar pet dengan penambahan silica fume dan serat baja sebagai bahan panel dinding. E-Jurnal MATRIKS TEKNIK SIPIL.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Maryanto, A., Rosana, D., & Setyawarno, D. (2020). Increasing Teacher Professional Competence in Developing Procedural Abilities Using the Application of Assessment of Integrated Science Using Mobile Learning on Android Platform Gadgets. Journal of Science Education Research. https://doi.org/10.21831/jser.v4i2.35716

Mastiyah, S. (2018). ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS DENGAN PERSPEKTIF PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK KELAS V PADA BUKU TEMATIK TEMA 8 SUB TEMA 3 MEMELIHARA EKOSISTEM. E- Jurnal Mitra Pendidikan.

Nurhasanah, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Materi Pengangguran di SLB Negeri Seunagan. Jurnal Serambi Akademica. https://doi.org/10.32672/jsa.v7i5.1521

Nyayu Khodijah dan Syarnubi. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI. Jurnal PAI Raden Fatah.

Pratiwi, ni pt. sri, Asri, I. G. A. agung sri, & Putra, D. B. K. N. semara. (2014). PENGARUH MODELBRAIN-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VSD GUGUS VIII SUKAWATI TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Jurnal Mimbar PGSD.

Rangga, M., & Naomi, P. (2006). Pengaruh motivasi diri terhadap kinerja belajar mahasiwa. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Thersia, V., Arifuddin, M., & Misbah, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dengan Model Pengajaran Langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5638

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Published
2020-12-30
How to Cite
Nuraeni, R., Permana, R., & Nugraha, M. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi dan Tingkat Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa. Cendekiawan, 2(2), 88-94. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.186
Section
Articles