MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI LITERASI DIGITAL BERBASIS STEM PADA MASA PANDEMIK COVID 19

  • Fitri Handayani Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Pada masa pandemik Covid 19, pembelajaran yang membuat anak tetap dapat berpikir kritis dan kreatif dengan melalui pembelajaran daring berbasis STEM (Sains, Tecnology, Engineering, Mathematics). STEM dikembangkan terintegrasi bersama pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 yang mengarah pada pengembangan pembelajaran abad 21. Literasi digital berbasis STEM adalah pembelajaran yang memiliki sintaks membangun keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah dan keterampilan berpikir kritis sehingga secara aktif dapat membangun pengetahuan melalui literasi digital berbasis STEM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka yang menggunakan buku dan literatur lainnya sebagai objek yang utama. Hasil yang diharapkan dengan meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui daring berbasis STEM bagi guru adalah memberikan perubahan dalam pola kegiatan pembelajaran serta meningkatkan konten ilmu pengetahuan baru berbasis STEM terutama pada masa pandemic covid 19 ini dapat memberikan ruang yang lebih untuk guru dapat menggeksplor ketrampilan siswa dari jauh dengan literasi Digital berbasis STAM. Hasil pendidikan ilmu dari literasi digital berbasis STEM yang diharapkan bagi siswa adalah siswa mampu belajar dan terampil sehingga meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui Literasi Digital berbasis STEM, yang pada akhirnya mampu terampil dalam memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.

References

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics).

Jahari, J., Khoiruddin, H., & Nurjanah, H. (2019). MANAJEMEN PESERTA DIDIK. Jurnal Isema : Islamic Educational Management. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5009

Kennedy, T. J., & Odell, M. R. L. (2014). Engaging Students In STEM Education. Science Education International.

Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.9977

Kurniasari, R. (2018). PENINGKATAN ECOLITERACY SISWA TERHADAP SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK MELALUI GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPS. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10869

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Nugroho, F., & Iqbal Arrosyad, M. (2020). Moodle Multimedia Development in Web-based Integrative Thematic Learning for Class IV Elementary Students. CENDEKIAWAN. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.177

Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). Program Belajar berbasis STEM untuk Pembelajaran IPA: Tinjauan Pustaka, dengan Referensi di Indonesia. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP). https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/328

Nurazizah, Suwarma, I. R., Jauhari, A., & Kaniawati, I. (2018). Implementasi pembelajaran STEM: kajian terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI) 2018.

Nurdyansyah, & Toyiba, F. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Prastyo, E., & Nuswantari, S. (2020). Learning Thematic Covid-19 With SETS Vision Integrated Local Wisdom For Elementary School. CENDEKIAWAN. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.173

Puspito, D. W. (2017). Implementasi Literasi Digital Dalam Gerakan Literasi Sekolah. Konferensi Bahasa Dan Sastra (International Conference on Language, Literature, and Teaching) II.

Rachmadtullah, R. (2015). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10

Septiani, A. (2016). PENERAPAN ASESMEN KINERJA DALAM PENDEKATAN STEM (SAINS TEKNOLOGI ENGINEERING MATEMATIKA) UNTUK MENGUNGKAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Jurnal Penelitian Sains Dan Teknologi.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Sugiyono, universitas negeri. (2019). Studi pustaka. Journal of Chemical Information and Modeling.

Wardhani, D., Irawan, E., & Sa’dijah, C. (2016). ORIGAMI TERHADAP KECERDASAN SPASIAL MATEMATIKA SISWA. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6301

Published
2020-12-29
How to Cite
Handayani, F. (2020). MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI LITERASI DIGITAL BERBASIS STEM PADA MASA PANDEMIK COVID 19. Cendekiawan, 2(2), 69-72. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184
Section
Articles