MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI LITERASI DIGITAL BERBASIS STEM PADA MASA PANDEMIK COVID 19
Abstract
Pada masa pandemik Covid 19, pembelajaran yang membuat anak tetap dapat berpikir kritis dan kreatif dengan melalui pembelajaran daring berbasis STEM (Sains, Tecnology, Engineering, Mathematics). STEM dikembangkan terintegrasi bersama pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 yang mengarah pada pengembangan pembelajaran abad 21. Literasi digital berbasis STEM adalah pembelajaran yang memiliki sintaks membangun keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah dan keterampilan berpikir kritis sehingga secara aktif dapat membangun pengetahuan melalui literasi digital berbasis STEM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka yang menggunakan buku dan literatur lainnya sebagai objek yang utama. Hasil yang diharapkan dengan meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui daring berbasis STEM bagi guru adalah memberikan perubahan dalam pola kegiatan pembelajaran serta meningkatkan konten ilmu pengetahuan baru berbasis STEM terutama pada masa pandemic covid 19 ini dapat memberikan ruang yang lebih untuk guru dapat menggeksplor ketrampilan siswa dari jauh dengan literasi Digital berbasis STAM. Hasil pendidikan ilmu dari literasi digital berbasis STEM yang diharapkan bagi siswa adalah siswa mampu belajar dan terampil sehingga meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui Literasi Digital berbasis STEM, yang pada akhirnya mampu terampil dalam memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.
References
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics).
Jahari, J., Khoiruddin, H., & Nurjanah, H. (2019). MANAJEMEN PESERTA DIDIK. Jurnal Isema : Islamic Educational Management. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5009
Kennedy, T. J., & Odell, M. R. L. (2014). Engaging Students In STEM Education. Science Education International.
Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.9977
Kurniasari, R. (2018). PENINGKATAN ECOLITERACY SISWA TERHADAP SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK MELALUI GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN IPS. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10869
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
Nugroho, F., & Iqbal Arrosyad, M. (2020). Moodle Multimedia Development in Web-based Integrative Thematic Learning for Class IV Elementary Students. CENDEKIAWAN. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.177
Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). Program Belajar berbasis STEM untuk Pembelajaran IPA: Tinjauan Pustaka, dengan Referensi di Indonesia. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP). https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/328
Nurazizah, Suwarma, I. R., Jauhari, A., & Kaniawati, I. (2018). Implementasi pembelajaran STEM: kajian terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI) 2018.
Nurdyansyah, & Toyiba, F. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Prastyo, E., & Nuswantari, S. (2020). Learning Thematic Covid-19 With SETS Vision Integrated Local Wisdom For Elementary School. CENDEKIAWAN. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.173
Puspito, D. W. (2017). Implementasi Literasi Digital Dalam Gerakan Literasi Sekolah. Konferensi Bahasa Dan Sastra (International Conference on Language, Literature, and Teaching) II.
Rachmadtullah, R. (2015). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10
Septiani, A. (2016). PENERAPAN ASESMEN KINERJA DALAM PENDEKATAN STEM (SAINS TEKNOLOGI ENGINEERING MATEMATIKA) UNTUK MENGUNGKAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Jurnal Penelitian Sains Dan Teknologi.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Sugiyono, universitas negeri. (2019). Studi pustaka. Journal of Chemical Information and Modeling.
Wardhani, D., Irawan, E., & Sa’dijah, C. (2016). ORIGAMI TERHADAP KECERDASAN SPASIAL MATEMATIKA SISWA. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6301
Copyright (c) 2020 Fitri Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Cendekiawan atau staff redaksinya. Penulis Utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.