PENGARUH TEORI VAN HIELE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui Pengaruh Teori Van Hiele Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Cijoho Tahun Ajaran 2019/2020. Metode Eksperimen menggunakan Quasi Experimental Design, desain penelitiannya yaitu One-Grup Pretest-Posttest Design dan untuk subjek yang digunakan yaitu Siswa kelas IV SDN Cijoho. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara terstruktur, tes dan dokumentasi. Cara menguji Instrument agar valid dan realiabel dengan menggunakan uji Validitas expert judgement kepada ahli matematika dan guru kelas IV, lalu diuji cobakan terlebih dahulu kepada 30 orang siswa yang sudah belajar materi keliling luas bangun datar. Selain itu, instrument penelitian juga menggunakan uji Reliabilitas menggunakan rumus Alpa Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: Uji Normalitas, uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Uji Normalitas yaitu menggunakan rumus Kolmogrov-Smirnov yang harus memiliki nilai signifikansi > 0,05 yaitu hasihasilnya 0,480. Uji Homogenitas menggunakan rumus f hitung yang memiliki nilai signifikansi harus lebih kecil dari pada f tabel yaitu 1,879 < 2,22. Dikarnakan uji normalitas dan homogenitas >0,05 maka untuk uji hipotesis yaitu menggunakan rumus uji-t yang memiliki nilai signifikansinya 0,000. Dapat disimpulkan bahwa Teori Van Hiele sangat berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Cijoho Tahun Ajaran 2019/2020.
References
Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.304
Chairani, Z. (2013). IMPLIKASI TEORI VAN HIELLE DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Farida, N., Hasanudin, H., & Suryadinata, N. (2019). PROBLEM BASED LEARNING (PBL) – QR-CODE DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1894
Iqbal zhumni, A., & Ali misri, M. (2013). PENGARUH TINGKAT BERPIKIR GEOMETRI (TEORI VAN HIELE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA MATERI GARIS DAN SUDUT. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching. https://doi.org/10.24235/eduma.v2i2.44
Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2928
Maciejewski, M. L. (2020). Quasi-experimental design. Biostatistics and Epidemiology. https://doi.org/10.1080/24709360.2018.1477468
Marasiwi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. E-Journal.Unipma.
Musa, L. A. D. (2016). LEVEL BERPIKIR GEOMETRI MENURUT TEORI VAN HIELE BERDASARKAN KEMAMPUAN GEOMETRI DAN PERBEDAAN GENDER SISWA KELAS VII SMPN 8 PAREPARE. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.24256/akh.v4i2.297
Nugroho, N. P. (2017). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawit dalam Menyelesaikan Soal Materi Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika.
Ph.D, T. (2014). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PEMODELAN (MATHEMATICAL MODELING) BERBASIS REALISTIK UNTUK MAHASISWA. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.419
Rafi, I., & Sabrina, N. (2019). Pengintegrasian TPACK dalam Pembelajaran Geometri SMA untuk Mengembangkan Profesionalitas Guru Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education). https://doi.org/10.31235/osf.io/v2ygb
Sasmita, I., Wirya, I. N., & ... (2013). Pengaruh Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Geometri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD di Desa Sinabun. MIMBAR PGSD ….
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). STUDI TENTANG PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BERBAGAI ASPEK DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. Jurnal Komunikasi Pendidikan. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Copyright (c) 2020 Lita, Budi Hendrawan, M. Fahmi Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten; tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi mereka dan bukan tanggung jawab dari Cendekiawan atau staff redaksinya. Penulis Utama (pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.