Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Pameran/Pajangan

  • kasiyah sarono husband

Abstract

Pelaksanaan perbaikan pembelajaran IPS dilakukan di kelas IV SD Negeri 10 Simpangkatis. Terletak di Kecamatan Simpangkatis Kabupaten Bangka Tengah. Dilaksanakan pada tahun ajaran 2015/2016 mulai tanggal 10 Februari sampai dengan tanggal 24 Februari 2016. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 10 Simpangkatis. Dalam prosesnya, pembelajaran IPS memuat materi yang banyak menuntut siswa untuk menghafal sehingga dapat membuat siswa menjadi bosan. Apalagi metode mengajar dan media pembelajaran yang digunakan guru tidak tepat dalam proses pembelajaran sehingga membuat hasil dan aktivitas belajar siswa menjadi tidak maksimal. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran IPS ini menggunakan metode pameran/pajangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diasumsikan bahwa siswa mempunyai karakteristik belajar yang berbeda-beda dan unik. Dari hasil penelitian memperlihatkan terjadinya peningkatan penguasaan materi pembelajaran yang ditunjukkan dengan rata – rata hasil belajar yaitu siklus I 5,25 menjadi 7,13 pada siklus II, dan meningkat menjadi 9,39 pada siklus III.

References

Anitah, Si. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Azwan.et.al. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Cremer. (1992). The Educated Child. New York: The Free Press

Djamarah, Sb (2002). Guru dan Anak didik dalam interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Nasution, S. 1989. Didaktik Azas-azas Mengajar. Bandung: Jermnas.
Syaiful, Sa.(2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sudjana, Na. 1991. Model-model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru

Wahab,A.a (1980). Model Pengembangan Kurikulum IPS dalam Kurikulum Sekolah, Bandung: FKIS-IKIP Bandung

Winataputra. Us.(2003). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: UT
Published
2020-06-30
How to Cite
sarono, kasiyah. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Pameran/Pajangan. Cendekiawan, 2(1), 41 - 48. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.176
Section
Articles