UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG LUAS BANGUN DATAR DENGAN MEDIA PUZBATAR

  • TINAH SD Negeri 10 Pangkalpinang
Keywords: hasil belajar, luas bangun datar, puzbatar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Puzbatar dalam pembelajaran matematika siswa kelas VC SD Negeri 10 Pangkalpinang tentang luas bangun datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang peningkatan hasil belajar siswa kelas VC SD Negeri 10 Pangkalpinang pada pelajaran matematika tentang luas  bangun datar. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media Puzbatar diperoleh hasil sebagai berikut : (1) siswa terlihat aktif dalam pembelajaran mulai dari siklus 1 sampai dengan siklus 3, (2) meningkatnya hasil belajar siswa yaitu penguasaan konsep siswa terhadap materi pembelajaran yaitu mulai dari siklus 1 sampai dengan siklus 3 dengan peningkatan 7% dari siklus 1 ke siklus 2 dan ada peningkatan 17% dari siklus 2 ke siklus 3. Peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus 1 mencapai angka 82 dan keaktifan siswa, skor yang diperoleh 93 %. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzbatar dalam pelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifitasan dan hasil belajar siswa SD Negeri 10 Pangkalpinang

References

Depdiknas (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikaan Nasional.
Depdiknas(2006). Pedoman Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dimiyati &Mujiono (2006). Belajar dan Perkembangan. Jakarta; Rineka Cipta

Sidi (2001). Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta. Paramadina
Sujana, Nana (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya .
Suwangsih, E dan Tiurlina (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung :UPI Press.
Published
2019-07-17
How to Cite
TINAH. (2019). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG LUAS BANGUN DATAR DENGAN MEDIA PUZBATAR . Cendekiawan, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.152
Section
Articles